SOP Pengembangan Aplikasi Khusus

by BAPSI USD

 
I. TUJUAN
Memberikan pedoman untuk pengembangan aplikasi Sistem Informasi khusus di lingkup Universitas Sanata Dharma.
 
II. RUANG LINGKUP
Ruang lingkup dari SOP ini meliputi pengembangan aplikasi Sistem Informasi khusus di lingkup Universitas Sanata Dharma yang terdiri atas:
  1. Ketentuan tentang pengembangan aplikasi Sistem Informasi khusus di Universitas Sanata Dharma
  2. Ketentuan tentang kriteria pengembangan aplikasi Sistem Informasi khusus di Universitas Sanata Dharma
  3. Ketentuan tentang mekanisme pengembangan aplikasi Sistem Informasi khusus di Universitas Sanata Dharma
  4. Ketentuan tentang mekanisme evaluasi dan monitoring proses pelaksanaan pengembangan aplikasi Sistem Informasi khusus di Universitas Sanata Dharma.
 
III. SARANA
Dokumen Grand Design Sistem Informasi Terpadu di Universitas Sanata Dharma.
 
IV. DEFINISI
Pengembangan aplikasi Sistem Informasi khusus adalah proses yang terjadi dalam Sistem Informasi Terpadu di Universitas Sanata Dharma. Dalam proses pengembangan aplikasi sistem informasi khusus lebih ditekankan kegunaan dari system informasi tersebut untuk internal biro atau unit kerja yang bersangkutan. Dalam hal ini memang yang akan dibuat adalah suatu aplikasi khusus yang hanya melayani satu biro atau unit kerja. Aplikasi ini adalah aplikasi tambahan dari sistem informasi terpadu yang dipunyai oleh Universitas Sanata Dharma. Pengerjaan dari aplikasi khusus ini dilakukan oleh BAPSI sendiri. Proses awal datang dari unit kerja dan direncanakan serta didokumentasikan oleh BAPSI sebagai dokumen perencanaan pengembangan Sistem Informasi aplikasi khusus. Selanjutnya BAPSI akan berkoordinasi dengan biro atau unit kerja tersebut dan merencanakan waktu penyelesaiannya. Hasil pekerjaan akan disosialisasikan kepada stakeholder yang lain sesuai dengan aplikasi yang ada.
 
V. PROSEDUR
A.   Prosedur Pengembangan Sistem Informasi
  • Masukan dari unit kerja/biro yang menginginkan system informasi
  • Perencanaan dan user interface oleh BAPSI
  • Pengajuan ke rektorat
  • Pencarian vendor
  • Pengerjaan vendor didampingi oleh staf BAPSI
  • Ujicoba oleh BAPSI dan unit kerja/biro
  • Implementasi oleh unit kerja terkait.
 
B.  Keterkaitan Antar Bagian
Bagian-baian yang terkait dalam proses pengembangan system informasi antar lain:
  1. Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI).
  2. Unit kerja/biro yang menginginkan system informasi.