Prosedur Pelayanan Akun Email

by BAPSI USD

1. TUJUAN  
Prosedur pelayanan akun email domain: usd.ac.id dan mail.usd.ac.id untuk menjamin pengunaan fasilitas email yang diberikan Universitas Sanata Dharma dalam berkomunikasi/korespodensi.  
 
 
2. RUANG LINGKUP 
Prosedur ini digunakan di BAPSI sebagai petunjuk untuk melayani permintaan unit/prodi, dosen, karyawan,  dalam hal melayani permintaan pembuatan email nama@mail.usd.ac.id dan nama@usd.ac.id (khusus unit karya dan tenaga pendidik).  
  
3. DEFINISI  
  • Email adalah electronic mail atau surat elektronik merupakan metode berkirim surat secara elektronik. 
  • Nama@usd.ac.id adalah alamat email dengan domain usd.ac.id yang diperuntukkan bagi tenaga pendidik, kepanitiaan dan unit kerja.
  • Nama@mail.usd.ac.id adalah alamat email yang diperuntukkan bagi tenaga kependidikan.
  • Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. 
  
4. PROSEDUR LAYANAN PERMOHONAN AKUN EMAIL
  • Pegawai/Unit karya mengajukan permohonan akun email, melalui Sistem Informasi Terpadu (https://administrasi.usd.ac.id), website tenaga pendidik (https://dosen.usd.ac.id/dosen) dan website tenaga kependidikan (https://tendik.usd.ac.id/tendik).
  • Pemohon menyetujui peraturan pemakaian akun email, dengan memberikan persetujuan Surat Pernyataan Pembuatan Akun Email.
  • Bagian Administrasi melakukan pembuatan akun email, sesuai dengan kebijakan yang berlaku.
  • Bagian Administrasi memberikan alamat email melalui Sistem Informasi Administrasi Terpadu, SIA Dosen dan SIA Karyawan. Password sementara akan dikirim oleh Microsoft Online Service.
 
5. KEBIJAKAN
Ketentuan:
  • Akun email diperuntukkan bagi mahasiswa, unit karya dan pegawai Universitas Sanata Dharma.
  • Mahasiswa dan Pegawai Universitas Sanata Dharma berhak mendapatkan satu akun email.
  • Pejabat dapat mengajukan akun email untuk kegiatan akademik.
  • Penamaan akun alamat email:
  • Unit karya, tenaga pendidik menggunakan akun: nama@usd.ac.id.
  • Tenaga Kependidikan menggunakan akun: nama@mail.usd.ac.id.
  • Mahasiswa menggunakan akun: nim@student.usd.ac.id.
Masa berlaku akun email:
  • Selama menjadi Pegawai Universitas Sanata Dharma.
  • Selama nama jabatan belum dihapus atau diganti.
  • Selama unit karya belum dihapus/diganti.
  • Permohonan penghpusan dari yang bersangkutan.
 
Peraturan Pemakaian Akun Email:
  • Email USD dipergunakan untuk kegiatan bersifat positif dan tidak melanggar Undang Undang No. 11 Tahun 2008, yaitu undang undang yang mengatur informasi serta transaksi elektronik, atau teknologi informasi.
  • Email USD tidak dipergunakan untuk:
           1. Tujuan komersial tanpa kewenangan Universitas Sanata Dharma.
           2. Mencari keuntungan finansial tanpa sepengetahuan USD.
  • Menggunakan sendiri username dan password dan tidak akan memindahtangankan akun kepada pihak lain yang tidak berkepentingan.
  • Segala aktifitas yang timbul akibat penggunaan akun email adalah sepenuhnya tanggung jawab pemilik akun sesuai dengan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.
  • Bersedia memberikan ganti rugi kepada Universitas Sanata Dharma untuk setiap gangguan atau kerugian dalam bentuk apapun atas penggunaan email.
  • Universitas Sanata Dharma tidak bertanggung jawab atas isi mailbox pribadi ataupun kerusakan dari data yang disebabkan oleh kesalahan penggunaan, atau akibat penerimaan email dari luar yang mengandung konten yang dapat merusak data.
  • Pelanggaran ketentuan ini atau bila ada aktifitas yang diketahui melanggar atau menyalahgunakan ketentuan ini akan dicabut haknya untuk memiliki akun email.