SOP Disaster Recovery Database: Terputusnya Koneksi Internet

by BAPSI USD

 
I.  TUJUAN
Memberikan pedoman untuk Disaster Recovery: terputusnya koneksi internet

II.  RUANG LINGKUP
Ruang lingkup dari SOP ini adalah memberikan pedoman untuk Disaster Recovery terputusnya koneksi internet yang terdiri atas:
  1. Ketentuan ten tang Disaster recovery: terputusnya koneksi internet.
  2. Ketentuan tentang kriteria Disaster recovery: terputusnya koneksi internet.
  3. Ketentuan tentang mekanisme Disaster recovery: terputusnya koneksi internet.
  4. Ketentuan tentang mekanisme evaluasi dan monitoring proses Disaster recovery: terputusnya koneksi internet.

III.  SARANA
a.    Website BAPSI
b.    Formulir Disaster recovery: terputusnya koneksi internet

IV.  DEFINISI
Disaster Recovery: terputusnya koneksi jaringan internet adalah suatu keadaan atau situasi dimana layanan yang diberikan oleh BAPSI kepada seluruh stakeholder agar tetap dapat menikmati akses internet 24 jam tanpa putus tidak dapat dilakukan. Bentuk layanan yang seharusnya diberikan adalah menjaga, memelihara dan melakukan perbaikan jika ada gangguan akses internet di lingkungan USD. Gangguan ini dapat disebabkan oleh karena faktor dalam: manusia/staff BAPSI, mahasiswa dan staff, hardware yang mengalami masalah tetapi juga dapat terjadi oleh karena faktor luar seperti terputusnya aliran listrik dari PLN, terputusnya aliran internet dari ISP dan lain-lain. Untuk itu dilakukan tindakan yang sesuai dengan petunjuk teknis untuk mengatasi masalah yang ada.

Ukuran baku mutu Koneksi Internet: 24/7 Ukuran baku mutu disaster recovery:
a.  Human error                 : 1 x 24 jam
b.  Hardware/software         : 1 x 24 jam
c.  Faktor luar (PLN, ISP dll) : 3 x 24 jam
d.  Force majeure               : 30 hari kerja

V. PROSEDUR
A.    Prosedur Disaster Recovery Internal BAPSI
  • Staff BAPSI mendapatkan laporan bahwa ada masalah dengan database: Database tidak dapat diakses.
  • Cek sesuai dengan langkah petunjuk teknik yang ada.
  • Bandingkan dengan cek harian.
  • Laporan pada admin database dan teknisi hardware.
  • Buat laporan dan kronologis peristiwa.
  • Dokumentasikan laporan dan kronologi peristiwa.

B.    Keterkaitan Antar Bagian
Bagian-bagian yangterkait dalam proses Disaster Recovery: Terputusnya Koneksi Intenet tidak dapat diakses antara lain:
  • Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI).
  • Administrator Database.