USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Pemilah Sampah Otomatis Karya Mahasiswa Mekatronika USD Raih Emas International IoT Olympiad

diupdate: 2 minggu yang lalu

dir="ltr">Automated Trash Sorting System with ESP32-CAM And Edge Impulse.(dok. FV USD)

USD – Jumat, 28 Juni 2024, Fakultas Vokasi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta berhasil memperoleh medali emas dalam Kompetisi Internasional Indonesia Young Scientist Association (IYSA) yang berkolaborasi bersama Sekolah Vokasi Diponegoro, International IoT Olympiad (I30) 2024 dengan karya yang berjudul
Automated Trash Sorting System with ESP32-CAM And Edge Impulse. Perlombaan yang didampingi oleh Ir. Dian Artanto, M.Eng., diketuai oleh Stefanus Adjie Pramono, Subagyo, Johannes Leon, dan Valentino Rangga Widianto.

Automated Trash Sorting System with ESP32-CAM And Edge Impulse merupakan ide dalam mengatasi permasalahan sampah yang mendesak di Yogyakarta. Selain itu, karya ini menjadi wujud kontribusi dalam membangun praktik yang ramah lingkungan. Sistem yang dikembangkan oleh tiga mahasiswa Fakultas Vokasi USD secara otomatis mampu memilah sampah menjadi tiga kategori utama, yaitu: sisa, plastik, dan kertas, dengan menggunakan teknologi ESP32-CAM sebagai modul mikrokontroler yang dilengkapi dengan kamera untuk menangkap gambar sampah, dan Edge Impulse sebagai pengenalan gambar dan klasifikasi limbah.

Automated Trash Sorting System with ESP32-CAM And Edge Impulse.(dok. FV USD)

Keberhasilan ini bukan hanya menjadi kebanggaan bagi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, namun juga motivasi besar bagi mahasiswa-mahasiswa Indonesia untuk terus meningkatkan kompetensi dan berinovasi dalam menghadapi tantangan masa depan. Terlebih lagi, karya efisien ini tidak hanya diakui secara lokal, namun juga secara internasional dalam ajang I3O. Selainitu, juga mengilhami semangat kolaborasi dalam menghadapi tantangan global dengan solusi lokal yang inovatif dan berkelanjutan.


*berita dilansir dari halaman Fakultas Vokasi

(CIR/BR)

  kembali