USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Workshop Karir: Persiapan Memasuki Dunia Kerja bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

diupdate: 3 minggu yang lalu



“Persiapkan Diri Memasuki Dunia Kerja”, Seminar dan Workshop karir BPKKA USD, Sabtu, 29 Juni 2024, di Ruang Seminar Driyarkara (dok. BPKKA)

USD - Sabtu, 29 Juni 2024, di Ruang Seminar Driyarkara, Kampus II Mrican, Biro Pengembangan Karir dan Kerjasama Alumni (BPKKA) dalam kerjasama dengan Wakil Rektor III USD menyelenggarakan seminar dan workshop karir dengan tema “Persiapkan Diri Memasuki Dunia Kerja”. Kegiatan yang berlangsung dalam dua sesi ini diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir maupun mereka yang baru saja menyelesaikan yudisium.

Pada sesi pertama, seminar dengan tema “Idealis atau Realistis dalam Mencari Kerja, Manakah yang Harus Dipilih?”. Narasumber pada sesi ini adalah Radit Pramudya, S.E., seorang alumni Program Studi Akuntansi USD yang saat menjadi Area Sales Manager PT Pangan Lestari (Finna Food Group). 

Radit menceritakan pengalaman selama 15 tahun bekerja, mulai dari awal menjadi sales salah satu produk sabun cuci hingga posisinya saat ini.

“Persiapkan Diri Memasuki Dunia Kerja”, Seminar dan Workshop karir BPKKA USD, Sabtu, 29 Juni 2024, di Ruang Seminar Driyarkara (dok. BPKKA)

“Sebetulnya dreamjob saya adalah auditor tapi realitanya saya diterima sebagai sales, yang kemana-mana membawa krombong. Idealis atau realistis dalam mencari kerja adalah pilihan, sebagai freshgraduate kadang-kadang kalian harus menurunkan ego karena kalian masih belum punya pengalaman. Pengalaman yang kaya serta ketekunan, akan menjadi daya tawar kita untuk mencapai karir yang lebih tinggi,” pesannya kepada peserta seminar.

Sementara pada sesi kedua, kegiatan diisi dengan workshop Pembuatan CV (Curriculum Vitae) dan Teknik Menghadapi Wawancara Kerja. Eliezer Damar Perdana, S.Psi., alumni Program Studi Psikologi Universitas Sanata Dharma, yang saat ini bekerja sebagai Human Resource di Indomaret Group hadir sebagai narasumber.

“Persiapkan Diri Memasuki Dunia Kerja”, Seminar dan Workshop karir BPKKA USD, Sabtu, 29 Juni 2024, di Ruang Seminar Driyarkara (dok. BPKKA)

Eliezer mengawali dengan menjelaskan poin kritis dalam membuat CV serta melatih peserta untuk bersama sama membuat CV dengan menggunakan website Kinobi. Ia juga menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam wawancara serta memberikan tips jawaban. Dalam kesempatan ini, narasumber juga  mengajak dua orang peserta untuk praktik langsung wawancara kerja serta memberikan koreksi atas jawaban-jawaban mereka.

Para peserta terlibat aktif berinteraksi dengan pemateri. Nampak sekali jika topik acara ini berkaitan erat dengan keresahan yang mereka alami. Dengan kegiatan ini diharapkan para lulusan dapat belajar dari para alumni sehingga mereka memperoleh bekal dalam mencari kerja.


(SPDS/BKA)

  kembali