USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Seminar Literasi Keuangan Fakultas Ekonomi Bersama Bank Mandiri

diupdate: 1 bulan yang lalu

Seminar Literasi Keuangan Fakultas Ekonomi Bersama Bank Mandiri, Jumat, 7 Maret 2024 (foto:istimewa)

USD -14 Juni 2024, di Ruang Seminar Driyarkara Kampus II USD, diselenggarakan seminar literasi keuangan bagi mahasiswa Kegiatan yang diselenggarakan dalam kerjasama antara Program Studi Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi dengan Bank Mandiri Kantor Cabang Yogyakarta ini menghadirkan Direktur Wealth Life Mandiri Group, Timotius Yanuardi P.S.
 
Dalam kesempatan tersebut Timothy, berkesempatan untuk berbagi pengalaman mengenai skala prioritas keuangan dan investasi. 
 
“Banyak orang dalam konteks dunia saat ini mengalami kegagalan akibat terjebak dalam investasi bodong. Orang cenderung ingin cepat kaya dan akhirnya dengan tidak berbekal pengetahuan yang cukup melakukan investasi untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. Tidak sadar semua tawaran investasi dicoba, termasuk judi online dan semuanya berakhir pada kejatuhan dalam kemiskinan” paparnya membuka seminar pada pagi itu.
 
Lanjutnya, Pria alumnus S1 Teknik Industri UGM ini juga mengungkapkan bahwa penting untuk membuat skala prioritas dalam keuangan. 
 
“Kita bisa belajar dari Michael Carroll, salah seorang warga negara Inggris yang menjadi pemenang dalam lotre namun pada akhirnya jatuh miskin dan menjadi pengumpul sampah karena tidak mampu mengelola aset yang dia miliki dan dengan uangnya yang banyak orientasi hidupnya hanya pada foya-foya, melakukan semuanya yang dia mau. Maka dari itu saya mengajak teman-teman disini untuk bisa mulai membuat prioritas finansial secara sederhana. Teman-teman bisa mencoba metode alokasi. Alokasikan 25% untuk dana darurat, 45% untuk kebutuhan rutin, 10% untuk tabungan, dan 20% sisanya untuk mencoba memulai bisnis dan investasi sebagai modal awal. Ketika teman-teman belum bisa mengelola keuangan untuk memenuhi dana darurat dan kebutuhan rutin, teman-teman sebaiknya jangan mencoba untuk berinvestasi” ungkapnya. 

Seminar Literasi Keuangan Fakultas Ekonomi Bersama Bank Mandiri, Jumat, 7 Maret 2024 (foto:istimewa)
 
Pria yang berkarir di Mandiri Group sejak 2011 ini juga menuturkan strategi investasi. “Ketika teman-teman memutuskan untuk mulai berinvestasi, pastikan teman-teman paham apa tujuan investasinya, kemudian berapa jangka waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan, pahami juga profil risiko dan alokasi investasi yang kita pilih, dan tinjaulah secara periodik perkembangan portofolio untuk mengoptimalkan imbal hasil sesuai tujuan yang telah ditetapkan. Pastikan kita menjadi investor cerdas yang paham, punya, dan rajin memantau portofolio, indikator pergerakan harga yang kita pilih itu” tuturnya. 
 
Acara seminar ini mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak, salah satunya adalah Henricus Soni Arya Wibisono, salah seorang mahasiswa Program Studi Ekonomi. 
 
“Saya sangat senang bisa mengikuti seminar ini. Hampir 3 tahun menjadi mahasiswa di tempat ini baru kali ini ada seminar yang sangat menarik ini mengenai literasi keuangan di tengah maraknya berbagai keuangan digital yang kadang bisa membuat kita terjebak dalam investasi bodong. Saya merasa seminar ini sangat bermanfaat terlebih bagi saya yang semester ini akan menjalani KKN di Ketapang, Kalimantan Barat. Apa yang saya dapatkan dalam seminar literasi keuangan ini bisa menjadi bekal tambahan untuk berdinamika, memberikan edukasi, pengetahuan dasar, dan skala prioritas finansial bagi masyarakat di Kalimantan Barat yang akan saya jumpai nanti” tuturnya. 

(YMA)
 

  kembali