USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Festival Sekar Geni 2024: Rangkul Kedamaian dan Cinta Kasih dalam Satu Harmoni

diupdate: 1 bulan yang lalu

Festival Sekar Geni 2024, Auditorium Driyarkara, 2 Juni 2024 (dok. UKM Karawitan USD)

USD - Minggu 2 Juni 2024, di Auditorium Driyarkara, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Karawitan Sekar Marapanjer Universitas Sanata Dharma kembali menggelar Festival Sekar Geni, sebuah ajang pementasan gendhing gerejani. Kegiatan yang rutin digelar sejak tahun 2014 ini diikuti oleh kelompok-kelompok karawitan dari beberapa gereja (Kristen dan Katolik) di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada perhelatan tahun 2024 ini, Festival Sekar Geni mengambil tema Rangkul Kedamaian dan Cinta Kasih dalam Satu Harmoni. Festival yang menjadi sarana perjumpaan seni budaya gerejawi ini dikuti oleh 8 peserta, yaitu Gereja Katolik Santa Maria Assumpta Babarsari, Gereja Katolik Santa Perawan Maria Tak Bercela Kumetiran, Gereja Katolik Santo Fransiskus Xaverius Cangkringan, Gereja Katolik Hati Kudus Tuhan Yesus Pugeran, Gereja Katolik Santo Yohanes Chrisostomus Stasi Pojok Klepu, Gereja Katolik Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga Dalem, Gereja Katolik Santo Fransiskus Xaverius Gantang dan Gereja Kristen Jawa Wiladeg. Selain itu,  Festvial Sekar Geni 2024 juga mengundang kelompok karawitan dari beberapa kampus sebagai penampil tamu, yakni UKM Kamasetra Universitas Negeri Yogyakarta dan UKM Paskawijaya Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Rektor USD membuka Festival Sekar Geni 2024, Auditorium Driyarkara, 2 Juni 2024 (dok. UKM Karawitan USD)

Penghargaan sebagai Penampil Terbaik pada FSG 2024 diberikan kepada Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus Pugeran. Penampil terbaik berhak membawa pulang piala bergilir Festival Sekar Geni diberikan oleh Keuskupan Agung Semarang.

Melalui Festival Sekar Geni, gendhing-gendhing gerejani dalam bahasa Indonesia dan bahasa Jawa dapat dikenalkan kepada generasi muda. Dengan demikian, seni budaya yang luhur dan sarat nilai ini dapat terus dilestarikan.  Selain itu, melalui perjumpaan seni budaya, keharmonisan dan persaudaraan antar umat Greja terus diupayakan.

(UKMSM)

  kembali