USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

USD Sambut Peneliti Konsorsium InterTAU dari Slovak Academy of Sciences untuk Kolaborasi Riset

diupdate: 1 bulan yang lalu

 Assoc. Prof. Andrej Kováč, Ph.D. dan Ms. Petra Majerová, Ph.D. hadir di Sekretariat Fakultas Farmasi, Kampus 3 Universitas Sanata Dharma dan disambut hangat oleh jajaran struktural Fakultas, yang dipimpin oleh Dr. apt. Dewi Setyaningsih (dok. Farmasi USD)

USD-Senin, 10 Juni 2024, Universitas Sanata Dharma menyambut kedatangan dua peneliti dari Research Group Proteomics & Metabolomics, Institute of Neuroimmunology, Slovak Academy of Sciences, yaitu  Prof. Andrej Kováč, Ph.D. dan Ms. Petra Majerová, Ph.D. Keduanya hadir sebagai visiting scientist selama satu bulan dalam rangka kolaborasi riset konsorsium InterTAU (https://www.intertau.eu/) dalam penemuan obat untuk penyakit Alzheimer, yang telah diinisiasi oleh Prof. apt. Enade P. Istyastono, Ph.D. dan tim Research Group Computer-Aided Drug Design and Discovery of Bioactive Natural Products, Universitas Sanata Dharma.
 
Prof. Kováč dan Dr. Majerová telah bertemu dengan jajaran pejabat struktural fakultas farmasi yang dipimpin oleh Dr. apt. Dewi Setyaningsih. Didampingi oleh Kaprodi Program Sarjana Farmasi Dr. Florentinus Dika Octa Riswanto, Stephanus Satria Wira Waskitha M.Sc. (anggota Research Group Computer-Aided Drug Design and Discovery of Bioactive Natural Products) serta Bonifacius Ivan Wiranata, S.Farm (Mahasiswa S2 Farmasi), kedua visiting scientist ini juga berkesempatan mengunjungi laboratorium-laboratorium di Fakultas Farmasi. Sementara itu di Kampus II, Prof. Kováč dan Dr. Majerová juga menyempatkan bertemu dengan pimpinan USD, yang diwakili oleh Ibu Caecilia Tutyandari, Ph.D, Wakil Rektor Bidang Kerjasama.

 Assoc. Prof. Andrej Kováč, Ph.D. dan Ms. Petra Majerová, Ph.D. bertemu dengan pimpinan USD yang diwakili Caecilia Tutyandari, Ph.D (do. Humas USD)
 
Selain melakukan riset kolaboratif, Prof. Kováč dan Dr. Majerová juga akan melakukan beberapa sharing session. Hal ini diungkapkan oleh Prof. apt. Enade P. Istyastono, Ph.D., yang mendampingi keduanya dalam pertemuan dengan pimpinan USD.
 
“Beberapa agenda kegiatan ilmiah sudah disusun, antara lain diskusi panel yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2024 dengan topik Computer-aided hacking to the blood-brain barrier. Topik ini menggabungkan Kimia Medisinal Komputasi dengan kepakaran Prof. Andrej Kováč dan Dr. Petra Majerová, yaitu di blood-brain barrier”, ungkapnya.
 
Perjumpaan-perjumpaan yang terjadi pada kunjungan keduanya, diharapkan memperkokoh kolaborasi yang sudah dirintis untuk meningkatkan kualitas penelitian di USD. Selain itu, kerjasama dalam Konsorsium InterTAU juga memberi peluang pendanaan untuk pertukaran staf dan mahasiswa, serta membuka jalur baru bagi mahasiswa, khususnya S2 Farmasi USD, untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.
 
(BIW-EPI/S2Farmasi)

  kembali