USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Pameran Arsip dan Peluncuran Aplikasi Artati Mobile App Perpustakaan USD

diupdate: 1 minggu yang lalu

Pembukaan Pameran Arsip dan Peluncuran Artati Mobile App, 10 Juni 2024 (dok. Humas)

Senin, 10 Juni 2024, Perpustakaan Universitas Sanata Dharma (USD) mengadakan pameran arsip perpustakaan dengan tema ‘Transformasi Perpustakaan USD: Klasik hingga Modern’ di Galeri Gejayan Universitas Sanata Dharma. Kepala Perpustakaan USD, Fr. Rahayuningsih, M.A., menyampaikan bahwa perpustakaan menjadi tonggak pengembangan keilmuan dan kearsipan yang dibangun oleh USD.

“Sejak awal dibangun dan diresmikan pada 15 Maret 1956, Perpustakaan USD mengalami perubahan dan pengembangan, khususnya di bidang teknologi. Dari cara klasik dan manual dalam peminjaman buku, keanggotaan, serta pemeliharaan buku, sampai sekarang kami menggunakan program CDS/ISIS dan Spartasi. Tentu kami tidak berhenti sampai situ saja karena teknologi berkembang sangat pesat. Terima kasih atas dukungan banyak pihak bagi pengembangan Perpustakaan USD,” tuturnya.

Wakil Rektor I USD, Prof. Ir. Sudi Mungkasi, Ph.D. menyampaikan bahwa transformasi yang dilakukan oleh Perpustakaan USD sangat bisa dirasakan.

“Pengembangan arsip mulai diintegrasikan di Perpustakaan USD sejak 2018 dan akan terus ditingkatkan mengikuti Renstra. Saya melihat banyak trasnformasi yang dilakukan oleh Perpustakaan USD dalam hal kearsipan seperti digitalisasi dokumen dan arsip serta digitalisasi tulisan pada daun lontar di mobile application,” ungkapnya.

Pembukaan Pameran Arsip dan Peluncuran Artati Mobile App, 10 Juni 2024 (dok. Humas)

Prof. Sudi  juga menekankan pentingnya arsip untuk kepentingan preservasi informasi.

“Tanpa arsip, informasi sulit dilacak. Salah satu keuntungan dengan arsip adalah adanya info yang terawetkan. Oleh sebab itu, sudah selayaknya arsip di USD akan dikembangkan dalam tata kelolanya. Perpustakaan USD akan belajar dan bekerja sama mengenai arsip dari berbagai pihak demi kemajuan bangsa dan negara,” ujar Prof. Sudi menambahkan.

Pembukaan Pameran Arsip Perpustakaan USD juga dibarengi dengan peluncuran aplikasi seluler bernama Artati Mobile App. Hasil kerjasama antara Perpustakaan USD dan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) USD ini merupakan aplikasi untuk membaca transliterasi tulisan di daun lontar yang ada di koleksi Perpustakaan USD. Transliterasi dilakukan oleh Maria Dina Haru Winanta selaku staf Perpustakaan USD. Transliterasi lontar tersedia dalam bahasa Indonesia dan bahasa Jawa kuno.

“Aplikasi ini kami lombakan dalam ajang Lomba Inovasi Perpustakaan. Kami harap Perpustakaan USD mampu mewakili DIY dengan Artati Mobile App. Namun, bagaimanapun hasilnya, kami sudah merasa menang karena kami sudah bisa mengangkat lontar yang tadinya tidak bisa dibaca menjadi bisa dibaca melalui aplikasi,” pungkas Rahayuningsih.

Pembukaan Pameran Arsip dan Peluncuran Artati Mobile App, 10 Juni 2024 (dok. Humas)

Kegiatan pembukaan pameran arsip dan peluncuran Artati Mobile Apps ini dihadiri pula oleh beberapa pihak yang menjadi mitra kerjasama Perpustakaan USD, Dinas Perpustakaan dan Arsip daerah Yogyakarta, Perpustakaan dan Arsip Universitas Gadjah Mada,  Penerbit Graha Ilmu, Bernas News Digital Academy, Penerbit Amara Books Komunitas Pancasila Dasar NKRI Bukan Pilar, Akademi Optometri Yogyakarta dan Tim Lomba Inovasi Perpustakaan.

Pameran Arsip ‘Transformasi Perpustakaan USD: Klasik hingga Modern’ akan berlangsung hingga 22 Juni 2024 di Galeri Gejayan Gedung Perpustakaan Universitas Sanata Dharma Kampus II Mrican. Dari hari Senin-Jumat, pameran akan dibuka mulai pukul 08:00-18:30 WIB. Sementara di hari Sabtu, pameran akan berlangsung pukul 08:00-12:00 WIB.


(CJM/KSM-Humas)

  kembali