USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Bakti Sosial Pengobatan Gratis WALUBI bersama Fakultas Farmasi USD

diupdate: 4 minggu yang lalu

Bakti Sosial Pengobatan Gratis WALUBI bersama Fakultas Farmasi USD, 18-19 Mei 2024 (dok. Farmasi)

Tahun 2024 ini, Fakultas Farmasi kembali turut serta dalam kegiatan Bakti Sosial Pengobatan Gratis yang diselenggarakan oleh Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI). Kegiatan ini diselenggarakan rutin dalam rangka peringatan hari raya Waisak. Bakti sosial pengobatan gratis yang terselenggara pada 18-19 Mei 2024 di Taman Lumbini, Candi Borobudur ini melayani sebanyak 8.000 pasien yang terbagi menjadi pelayanan kesehatan umum, poli mata, poli gigi, serta bedah minor.

Selama beberapa tahun terakhir, Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma rutin berpartisipasi, khususnya dalam menyediakan tenaga kefarmasian. Pada tahun ini, sebanyak 6 dosen, 5 mahasiswa Prodi S1 Farmasi, 10 mahasiswa Prodi Program Profesi Apoteker, serta 6 mahasiswa prodi S2 Farmasi terlibat dalam pelayanan kefarmasian. Pelayanan kefarmasian yang dilakukan berupa skrining resep dan dispensing obat. Pelayanan skrining resep dilakukan oleh apoteker untuk melihat kesesuaian resep baik dari aspek administratif, farmasetis, serta klinis. Dispensing obat meliputi penyiapan obat, pengemasan obat, pembuatan etiket yang dilakukan oleh mahasiswa yang belum bergelar apoteker, hingga penyerahan obat oleh apoteker (dosen dan mahasiswa S2). 

Bakti Sosial Pengobatan Gratis WALUBI bersama Fakultas Farmasi USD, 18-19 Mei 2024 (dok. Farmasi)

Kegiatan ini juga menjadi bagian dari integrasi pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa baik program studi Sarjana, Magister maupun Profesi Apoteker, mendapatkan pengalaman langsung dalam melakukan pekerjaan kefarmasian sesuai dengan materi yang telah diajarkan di kelas. Turut serta dalam kegiatan ini juga menjadi perwujudan salah satu misi Fakultas Farmasi USD yaitu menyelenggarakan pengabdian bidang kefarmasian yang berdampak pada peningkatan martabat manusia bidang kesehatan di tingkat global dan menjadi agen perubahan masyarakat global.

Salah seorang dosen yang terlibat, apt. Putu Dyana Christasani, M.Sc. menyampaikan bahwa kegiatan bakti sosial ini sebagai bentuk pengabdian masyarakat dan inter proffesional education.

Bakti Sosial Pengobatan Gratis WALUBI bersama Fakultas Farmasi USD, 18-19 Mei 2024 (dok. Farmasi)

“Kami sangat senang dapat terlibat dalam kegiatan baksos yang diselenggarakan oleh pihak WALUBI. Kami sebagai dosen dapat mengimplementasikan tridharma yaitu pengabdian. Bagi mahasiswa, kegiatan ini menjadi salah satu wadah untuk melatih perannya sebagai tenaga kesehatan untuk masyarakat, serta berinteraksi dengan tenaga kesehatan lainnya atau inter proffesional education). Kami berharap agar dapat mengambil bagian dalam kegiatan ini secara rutin,” pungkasnya.



(DCAP-Farmasi)

  kembali