USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Malam Inaugurasi Puncak Insadha 2023, Menyatukan Semangat dalam Kreativitas dan Ekspresi

diupdate: 3 bulan yang lalu

dok. Humas USD
 
Sabtu, 9 September 2023. Setelah 3 tahun terakhir tidak diadakannya acara Malam Inagurasi karena pandemi Covid-19, kini Malam Inagurasi untuk mahasiswa baru kembali diadakan di lapangan sepak bola Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Sebanyak 2.500 lebih Driyarkara muda Universitas Sanata Dharma mengikuti puncak Insadha 2023 (Inisiasi Sanata Dharma). Rektor USD, Pater Albertus Bagus Laksana, S.J,. S.S., Ph.D dan Wakil Rektor III, Dr. Yohana Titik Kristiyanti turut hadir dalam puncak tersebut. 
 
Malam inagurasi ini adalah puncak dari rangkaian Insadha yang telah dimulai dari awal bulan Agustus. Insadha dengan tema “Buka Mata Buka Hati, Siap Ditempa Gali Potensi Diri” menggenapi para mahasiswa baru untuk terus menyadari, menggali dan berkembang akan potensi dalam dirinya. Hal ini dibuktikan pada kesempatan ini, para mahasiswa baru menunjukkan ekspresinya untuk karya-karya yang menghibur. 
 
Ketua pelaksana Insadha, Christopher Davin Widha Pratama (Psikologi, 2020), dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam Insadha 2023. sambutan dalam acara puncak Insadha.

“Selamat datang, selamat berdinamika di civitas akademika di Universitas Sanata Dharma, semoga langkah teman-teman yang dimulai dari hari ini dapat berlanjut hingga lulus” tuturnya dan tidak lupa memberikan ucapan kepada semua pihalyang terlibat dalam Insadha.

dok. Humas USD

Antusias para peserta sudah terlihat sejak acara dimulai dari pukul 15.00 WIB. Seluruh mahasiswa baru, peserta dari 4 gelombang Insadha 2023, hadir memeriahkan acara ini. Malam inagurasi dimulai dengan penampilan seni dari para mahasiswa baru peserta Insadha 2023. Selesai penampilan seni, dilanjutkan dengan sesi pelepasan callcard Insadha 2023 dan pemakaian jas almamater oleh Rektor dan Wakil Rektor III, sebagai tanda diterimanya mahasiswa baru dalam keluarga besar civitas academica USD. 

Acara Malam Inagurasi kemudian dilanjutkan dengan sangat khidmat dan penuh keharuan, yaitu prosesi cahaya atau upacara penyalaan lilin yang diiringi dengan refleksi bersama. 
Rektor USD, Albertus Bagus Laksana, SJ., Ph. D, menyampaikan bahwa di malam Inagurasi Insadha, semangat yang sama telah disatukan oleh kreativitas dan ekspresi, yang diharapkan mampu berkontribusi dalam membangun Indonesia lebih maju.

dok. Humas USD
 
“Upacara lilin, upacara cahaya bukanlah sekedar suatu simbol tanpa makna. Nyala lilin yang kecil sama halnya saling menyalakan semangat. Dalam bahasa Santo Ignasius Loyola disebut 'Ite Inflammate Omnia', yang berarti 'Pergilah, dan kobarkanlah semuanya'.  Kita diutus untuk menyalakan semangat, dan oleh karenanya banyak hal yang perlu disentuh, dipelajari, dan dilakukan di Sanata Dharma.  Tempat ini adalah tempat untuk berekspresi, berkembang, dan berkarya. Jika masih bisa menyalakan semangat satu sama lain dalam kolaborasi, percayalah itu yang akan menjadi kekuatan untuk terus maju,” tutur Rektor.

Acara ditutup dengan penyalaan kembang api yang sangat meriah diiringi parade jingle Insadha ( dari Insadha 2019 hingga 2023). 
 
(BR/CNCS/KSM/DKS/AFH - HUMAS USD)

  kembali