USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Memahami Psikologi Kritis dalam Kuliah Tamu Internasional Magister Psikologi

diupdate: 11 bulan yang lalu

dok. Humas USD

Selasa 30 Mei 2023, di ruang Multimedia Kampus III USD Paingan, Program Magister Psikologi menyelenggarakan Kuliah Tamu Internasional yang menghadirkan Dr. Jesica Fernandez dari Social-Community Psychologist, Santa Clara University, California, USA sebagai narasumber. 

Dekan Fakultas Psikologi, Dr. Yohanes Babtista Cahya Widiyanto, M.Si. mengajak para peserta dapat menikmati setiap rangkaian pembelajaran kuliah tamu internasional ini,

“Selamat datang untuk narasumber, dan para peserta kuliah tamu internasional semua, semoga kita bisa
enjoy dalam pembelajaran ini. Terima kasih juga untuk semua yang mendukung acara ini, semoga berjalan lancar” tambah beliau.

Acara kuliah umum ini mengambil tema
The Past and Present Development of Critical Psychology in The US: Teaching, Research, and Practice

dok. Humas USD

“Psikologi kritis berakar pada kritik dan kekecewaan terhadap psikologi, oposisi terhadap kerangka patologis dan dekontekstualisasi. Dalam kasus di US, critical psychology terikat pada gerakan sosial serta perjuangan pembebasan, dan juga mengganggu sistem kekuasaan dan penindasan,” papar Dr. Jessica Fernandez.

Ia juga menambahkan bahwa makhluk yang paling mendekati psikologi kritis adalah anak-anak.

“Anak-anak adalah para critical psychologist karena mereka penuh dengan penasaran, mereka selalu bertanya, dan mereka selalu ingin tahu tentang hal baru.” ucapnya.

dok. Humas USD

Acara kuliah tamu internasional ini dipandu oleh Ibu Monica Eviandaru Madyaningrum, Ph.D. sebagai moderator dan diikuti oleh segenap mahasiswa Program Magister Psikologi, serta para dosen Fakultas Psikologi.  

(SPP-CS/HUMAS)

  kembali