USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Diisi 90% Perempuan, Satgas Penanganan Kekerasan Seksual USD Berkomitmen Ciptakan Budaya Aman

diupdate: 1 tahun yang lalu

dok. Humas USD

Jumat, 10 Maret 2023 di Ruang Seminar Driyarkara, dilaksanakan Pelantikan Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS) Universitas Sanata Dharma. 25 orang anggota Satgas PPKS yang terdiri dari 14 mahasiswa, 10 dosen dan 1 tenaga kependidikan dilantik oleh Rektor USD, Albertus Bagus Laksana, SJ., SS., PhD. Hampir 90% dari anggota Satgas PPKS USD diisi oleh perempuan dan sebagian besar berasal dari mahasiswa.

Pembentukan Satgas PPKS USD merupakan respon USD dalam menindaklanjuti Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Pendidikan Tinggi. Selain itu, sebagai satu-satunya universitas Jesuit di Indonesia, pembentukan Satgas PPKS USD adalah implementasi dari Protokol Safeguarding dalam Karya Serikat Yesus Provinsi Indonesia. 

Satgas PPKS USD bertugas untuk membantu pimpinan universitas dalam rangka pencegahan dan penanganan kekerasan seksual bagi warga kampus yang meliputi penyusunan pedoman pencegahan dan penanganan kekerasan seksual; sosialisasi pendidikan kesetaraan gender, kesetaraan disabilitas, pendidikan kesehatan seksual dan reproduksi; melakukan koordinasi dalam pemberian pelindungan kepada korban dan saksi; serta melakukan survei kekerasan seksual dan melaporkan hasilnya kepada pimipinan.

Proses pembentukan Satgas PPKS di USD menempuh proses yang cukup panjang. Dimulai dengan Uji Publik dan Penetapan Panitia Seleksi (Pansel) Satgas PPKS pada September 2022.  Kemudian pada tahap berikutnya Pansel melakukan seleksi anggota Satgas yang meliputi Pendaftaran, Seleksi Berkas Administratif dan Wawancara. Proses ini dilakukan dari November hingga Desember 2022. Setelah tahapan ini selesai, Pansel kemudian menyusun rekomendasi daftar calon anggota Satgas dan menjalankan Survei Publik pada bulan Januari 2023.  Akhirnya, pada 1 Februrari 2023, Rektor menerbitkan Surat Keputusan No.065d/Rektor/II/2023 tentang Pengangkatan Satgas PPKS USD. 

Dalam sambutan pelantikan, Rektor menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan para anggota Satgas untuk bekerja keras membangun budaya aman di kampus. “Tugas Satgas PPKS tidak sekedar mencegah dan menangani kekerasan seksual di lingkungan kampus, namun lebih daripada itu, membentuk kultur relasional manusiawi yang aman supaya kehidupan bersama menjadi utuh dan setiap individu dihargai martabatnya,” ungkapnya.

Tentang komposisi anggota Satgas PPKS yang 90% perempuan dan lebih banyak mahasiswa, Romo Bagus menyampaikan optimisme dan kegembiraannya. “Ini adalah sebuah kenyataan di USD, yang sebenarnya justru menunjukkan komitmen kita tentang pemberdayaan kelompok yang seringkali menjadi kelompok yang termajinalkan, menjadi korban dalam relasi-relasi yang tidak adil, termasuk di dalamnya kekerasan seksual. Oleh karenanya kita mendukung penuh Satgas PPKS, karena usaha menciptakan budaya aman adalah tugas kita bersama” tegasnya.

dok. Humas USD

Ketua Satgas PPKS USD, Ni Luh Putu Rosiandani, M.Hum., menyampaikan bahwa keberadaan Satgas yang secara resmi dilantik oleh pimpinan universitas dapat menguatkan upaya pencegahan dan penanganan kekerasan seksual. “Di USD sebelumnya sudah ada satgas sementara yang telah berproses untuk mengumpulkan berbagai informasi dan meletakkan dasar-dasar bagaimana kita akan bergerak menangani kasus kekerasan seksual. Dengan pelantikan Satgas PPKS hari ini, harapannya kita bersama semakin dapat menciptakan kultur relasi yang sehat, aman dan nyaman bagi seluruh warga kampus,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III USD, Dr. Titik Kristiyani, M.Psi., yang sejak awal bertanggung jawab mengawal pembentukan Satgas PPKS menyampaikan pentingnya membangun kesadaran bersama melalui upaya-upaya pencegahan. “Satgas PPKS tidak hanya berfokus pada penangangan kasus, namun juga pencegahan. Upaya pencegahan akan dilaksanakan dengan berbagai kegiatan sosialisasi kepada semua warga kampus, agar nantinya menjadi kesadaran kita bersama untuk menciptakan budaya aman bagi semua. Sehingga kampus Sanata Dharma bisa menjadi lingkungan yang aman untuk bertumbuh, berkreasi dan semakin peduli pada sesama” ungkapnya.  

Berikut nama-nama anggota Satgas PPKS USD Periode 2023-2025

Ketua

Ni Luh Putu Rosiandani, S.S., M.Hum     
Dosen/Sastra Inggris

Sekretaris

Francisca Rahayuningsih, MA.               
Tendik/Perpustakaan

Anggota

1. Ir. Budi Setyahandana, M.T
Dosen/ Teknik Mesin

2. Adventina Putranti, S.S. M.Hum.
Dosen/Sastra Inggris

3. Sony Christian Sudarsono, S.S., M.A.
Dosen/Sastra Indonesia

4. Monica Cahyaning Ratri, S.Pd., Ph.D.
Dosen/Pendidikan Kimia

5. Bertha Bintari Wahyujati, S.T.,M.T.,MAID
Dosen/Teknologi Perancangan Mekanik

6. Maria Magdalena Sinta Wardani, S.S., M.A.
Dosen/Sastra Indonesia

7. Febriana Ndaru Rosita, M.Psi., Psikolog.
Dosen/Psikologi

8. Prias Hayu Purbaning Tyas, M. Pd.
Dosen/Bimbingan Konseling

9. Agatha Mahardika Anugrayuning Jiwatami, S.Si., M.Sc.
Dosen/Teknologi Elektromedis

10. Maria Magdalena Sri Utari Estiningdyah
Mahasiswa/ Bimbingan Konseling

11. Annelia Wara Dewanti
Mahasiswa/ Bimbingan Konseling

12. Angelina Veregerin
Mahasiswa/ Sastra Inggris

13. Velisita Depista
Mahasiswa/ Pendidikan Biologi

14. Lira Vania Ramadiva
Mahasiswa/ Psikologi

15. Veronica Sendy Gracea Naseky
Mahasiswa/ Pendidikan Akuntansi

16. Yusuf Ramayanus B. Ninggan
Mahasiswa/ PGSD

17. Ulia Kurnia Sari
Mahasiswa/ Bimbingan Konseling

18. Maria Resalma Valga
Mahasiswa/ Bimbingan Konseling

19. Pangestin Aprilia Sehnur Putri
Mahasiswa/ Magister Sastra

20. Nissa Melinda
Mahasiswa/ Psikologi

21. Yabes Maruli Butar
Mahasiswa/ sastra Inggris

22. Yemima Septi Nugraheni
Mahasiswa/ Ekonomi

23. Chaterina Atma Dewidya Melmambessy
Mahasiswa/ Psikologi

Satgas PPKS USD resmi bertugas hingga tahun 2025. Informasi dan aduan dapat disampaikan melalui email: ppks@usd.ac.id , nomor WhatsApp 0812 2800 2400 dan instagram @ppks.usd


(CMTS/AFH-Humas)

  kembali