USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Buka Prodi Informatika, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Studi Banding ke USD

diupdate: 1 tahun yang lalu

dok. Humas USD

Jumat 24 Februari 2023, USD menerima kunjungan studi banding dari Universitas Katolik Widya Mandala, Surabaya (UKWMS). Kunjungan ini sebagai salah satu upaya dari Universitas Katolik Widya Mandala dalam membuka program studi baru, yaitu Prodi Informatika. Tim dari UKWM diterima di Ruang Kadarman, Gedung Pusat USD, Kampus 2 USD oleh Wakil Rektor Bidang Akademik didampingi jajaran rektorat dan Dekan FST beserta Kaprodi Informatika.

 
 
 
Tim UKWMS yang terdiri dari rektor Widya Mandala, Drs. Kuncoro Foe, G.Dip.Sc., Ph.D., Apt., Wakil Rektor I bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, Aning Ayucitra, ST., M.Sc., Ph.D., Wakil Rektor II bidang administrasi umum, kepegawaian, dan keuangan, Ir. Adrianus Rulianto Utomo, MP., IPM., Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan, perencanaan dan pengembangan, kerja sama, serta kerja sama, Dr. Lanny Hartanti, S.Si., M.Si., Wakil Rektor IV bidang pengelolaan penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi di Kampus Kota Madiun, dan segenap tim lainnya.

dok. Humas USD

UKWMS berkunjung ke USD untuk melakukan studi banding guna menambah referensi, perbandingan, dan juga berbagai cerita serta pengalaman yang akan sangat berguna bagi Program Studi Informatika yang akan dibuka pada waktu mendatang. UKWMS dan USD sudah sadar betul kemajuan teknologi seperti ini. Melalui hal ini, Universitas Katolik Widya Mandala dapat belajar dari USD dalam hal pengembangan Program Studi Informatika.

Dalam dialog, Ketua Program Studi Informatika USD, Ir. Robertus Adi Nugroho, M.Eng., menjelaskan bahwa Prodi Informatika USD adalah ilmu komputasi berbasis sains.

“Program Studi Informatika USD memiliki tiga peminatan yaitu, jaringan (networking), mesin cerdas (Artificial Intelligence), dan rekayasa data (data engineering). Dari ketiga peminatan tersebut, mesin cerdas lah yang paling diminati,” jelasnya.

Sementara itu, secara kelembagaan, USD dan UKWMS menghadapi tantangan yang sama, yaitu intake mahasiswa baru dan gagasan pengembangan akademik yang kontekstual dengan kebutuhan. Hal ini ditegaskan oleh Rektor Widya Mandala, Drs. Kuncoro Foe, G.Dip.Sc., Ph.D., Apt.

dok. Humas USD

“Dari perjumpaan ini kita sama-sama memahami bahwa kita masih harus berjuang bersama, sebagai sesama lembaga pendidikan tinggi Katotik yang berkomitmen melayani masyarakat”

Wakil Rektor I USD, Prof. Sudi Mungkasi, Ph.D., menyambut baik pertemuan yang menjadi ajang saling berbagi dan saling belajar ini. Dan berharap dapat selalu bertukar gagasan pengembangan baik ilmu maupun kelembagaan dengan banyak rekan.

“Tentu saja, pembicaraan kita masih bisa berlanjut entah itu melalui zoom ataupun platform lain yang tidak terbatas ruang dan waktu.” pungkasnya.

(SPP/HUMAS)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

  kembali