USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Alumni IKASADHA Balikpapan Siap Dukung Rencana Pengembangan Karya USD di IKN

diupdate: 1 tahun yang lalu

dok. IKASADHA Balikpapan

25 Februari 2023, Ikatan Alumni Sanata Dharma (IKASADHA) menyelenggarakan temu alumni yang dilaksanakan di Hotel MaxOne, Balikpapan. Acara temu alumni dan pembentukan Kepengurusan IKASADHA Balikpapan kali ini menjadi spesial karena dihadiri oleh Rektor Universitas Sanata Dharma, Romo Albertus Bagus Laksana SJ, SS PhD., Pendamping Rohani IKASADHA, Romo Agustinus Sugiyo Pitoyo, SJ., Ph.D., Ketua Umum Ikasadha Pusat, Drs. T Sarkim, M.Ed., Ph.D., dan Tim Pengembangan Universitas Sanata Dharma di IKN (Ibu Kota Negara), yang diwakili Drs. Johannes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D., Drs. Rohandi, M.Ed., Ph.D2., serta Bernardinus Sri Widodo S.T., M.Eng.
 
Tema dari acara Temu Alumni kali ini adalah “Bersinergi untuk Saling Menumbuhkan”. Tema ini juga cocok dengan misi Universitas Sanata Dharma yaitu “Menghadirkan pencerahan yang mencerdaskan bagi masyarakat melalui publikasi hasil kegiatan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, pengembangan kerjasama, dengan berbagai mitra yang memiliki visi serta kepedulian yang sama, dan pemberdayaan para alumni dalam pengembangan keterlibatan nyata di tengah masyarakat”. 

dok. IKASADHA Balikpapan
 
Dalam temu alumni yang mengambil tema “Bersinergi untuk Saling Menumbuhkan”ini, dibentuk pula kepengurus IKASADHA Balikpapan. Para pengurus terpilih yang terdiri dari Rijal Fadilah sebagai Ketua, Woro Vidya Ayuningtyas sebagi Wakil Ketua, Antonius Ardhi Setyo dan Bernadet Yulia Indah Setyowati sebagai Sekretaris, serta Margaretha Harimurti Hagni Lohening sebagai Sekretaris. Selain para pengurus, tiga alumni IKASADHA didaulat pula menjadi pembina. Mereka adalah Ika Budiwanti, Christina Susriasih dan Suster Roberta ADM.

Ketua IKASADHA Balikpapan yang terpilih, Rijal Fadilah mengatakan bahwa menghidupi semangat Sanata Dharma adalah komitmen terus-menerus bagi para alumni.

“Bagi saya sebuah brand, tagline atau semangat itu adalah janji-janji yang harus diinternalisasi oleh stakeholder dalam hal ini baik dari mahasiswa, alumni dan seluruh civitas academica di universitas,” katanya.

dok. IKASADHA Balikpapan

Rektor USD mengapresiasi kegiatan ini di mana ada sejumlah alumni yang ingin menjalin komunikasi dan membangun kiprah almamater di Kaltim umumnya dan Balikpapan khususnya. Dalam kesempatan ini,  Rektor USD dan Tim Pengembangan USD di IKN ini juga mensosialisasikan rencana pegembangan karya pendidikan di IKN. Romo Bagus menambahkan, dari temu alumni nantinya akan dibuat program dengan menguatkan jaringan guna ikut mendukung pembangunan kampus di Kaltim.

Di Kaltim, kami ke depannya akan mendirikan kampus di IKN dan memberikan beasiswa bagi anak-anak di PPU (Penajam Paser Utara - red) . Dan niatan itu sudah disosialisasikan ke Dinas Pendidikan PPU. Saat ini sudah ada lahan di IKN, tepatnya di Tengin Baru dan di Km 24 Balikpapan,” ungkapnya.

dok. IKASADHA Balikpapan

Tim Pengembangan Kampus di IKN, Johanes Eka Priyatma mengungkapkan bahwa rencana induk Yayasan Sanata Dharma untuk memperluas karya layanan pendidikan tinggi di IKN adalah sebuah kesadaran untuk ambil bagian dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara besar. 

“Yayasan berkeyakinan rencana itu akan terwujud bila ditopang sumber daya unggul yang disiapkan di kampus yang bermutu dan yang dikembangkan nanti,” ungkapnya.

dok. IKASADHA Balikpapan

Selaras dengan rencana pengembangan Universitas Sanata Dharma di IKN, alumni Universitas Sanata Dharma yang tergabung dalam Ikasadha di Balikpapan, merasa harus sepenuhnya mendukung rencana pengembangan tersebut.
 
"Alumni perlu menyumbangkan gagasan dan masukan yang kontekstual dengan situasi terkini di Kalimantan Timur khususnya yang berdampingan dengan IKN. Selain itu, kerjasama dengan berbagai pihak terkait seperti pemerintah daerah, institusi pendidikan, organisasi masyarakat, dan sektor swasta dapat membantu meningkatkan kualitas program pemberdayaan dan pendidikan di Kaltim sedapat mungkin dimotori oleh Alumni khususnya Ikasadha," pungkas Rijal Fadilah, sang ketua.

(SPP/HUMAS USD)

  kembali