USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Cerita dari Lokasi KKN

diupdate: 1 tahun yang lalu

dok. PKKN

KKN USD Angkatan 65 yang dimulai pada 3 Januari yang lalu akan berakhir pada Rabu, 1 Februari 2023 ini. KKN yang mengambil tema “Bersinergi dengan Masyarakat: Peduli Terhadap Lingkungan” ini diikuti 1.118 mahasiswa. Mereka diterjunkan ke berbagai lokasi di 3 kabupaten yaitu Sleman dan Gunungkidul (DIY) serta Temanggung (Jawa Tengah). Reporter Humas USD mengumpulkan beberapa berita yang dilporkan oleh para mahasiswa dari lookasi KKN. 

KUNJUNGAN ROMO REKTOR

Pada tanggal 24 Januari lalu Rektor Universitas Sanata Dharma, Albertus Bagus Laksana, S.J., S.S., Ph.D. bersama tim PKKN, dan DPL berkunjung ke lokasi KKN di Kabupaten Temanggung untuk menyapa mahasiswa yang sedang melaksanakan program KKN. Ini mengindikasikan bahwa kampus peduli dengan kegiatan kemahasiswaan, khususnya dengan kegiatan yang bersinggungan langsung dengan masyarakat.

Salah satu desa yang dikunjungi Romo Rektor adalah Desa Njlegong, Kecamatan Bejen, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Mahasiswa KKN yang bertugas di Desa Njlegong melakukan inovasi pada komoditas andalan desa setempat, yaitu kopi. Mahasiswa USD bekerjasama dengan karang taruna desa setempat untuk mempromosikan kopi Desa Njlegong, dan me rebranding produk kopi andalan desa tersebut. 
 
Rektor USD mengunjungi lokasi KKN di Desa Jlegong

Kunjungan Romo Rektor juga sebagai bentuk nyata UAP (
Universal Apostolic Preferences). UAP adalah program buah proses diskresi yang berlangsung selama dua tahun. Semua Jesuit dan rekan dalam perutusan diundang untuk ambil bagian. Preferensi ini memberi cakrawala, titik rujukan bagi seluruh karya Serikat. Ini adalah imajinasi yang membangkitkan passion kita dan yang mempersatukan kita dalam perutusan. UAP diwujudkan ke dalam empat bentuk kegiatan. Kegiatan-kegiatan itu adalah menunjukkan jalan menuju Allah, berjalan bersama yang terkucilkan, penjelajahan bersama orang muda, dan merawat rumah kita bersama.
 
Kunjungan KKN ini termasuk ke dalam bagian penjelajahan bersama orang muda. Romo Rektor bersama USD bukan hanya menyapa dan peduli dengan mahasiswa KKN nya, tetapi juga mendampingi desa setempat untuk bergerak dan berinovasi. KKN dalam hal ini menjadi salah satu kegiatan yang melatih mahasiswa/orang muda untuk lebih peka dan peduli, serta bersinergi dengan warga sekitar. Program KKN ini juga diharapkan dapat menjadi awal yang baik untuk pertumbuhan ekonomi desa setempat. 
 
(SPP-Humas)
 

PROGRAM KKN WILAYAH BOHOL, RONGKOP, GUNUNGKIDUL
 
Tim KKN Desa Bohol, Kec. Rongkop, Gunungkidul

Sementara itu, program KKN USD angkatan 65 yang dilaksanakan di Gunungkidul juga tak kalah menarik. Mahasiswa yang bertugas di Kabupaten Gunungkidul membuat inovasi dengan cara promosi menggunakan media video. Mahasiswa KKN yang membuat
project ini berada di Desa Bohol, Kecamatan Rongkop, Gunungkidul. Mereka mempromosikan Batik Kromojati. Uniknya, batik ini mempunyai arti yang unik. Kromo yang berarti pernikahan, dan jati yang berarti langgeng. Harapannya, batik ini menjadi doa juga bagi pengantin yang hendak menikah bagi yang memakainya. Harapannya, promosi dengan media audiovisual ini dapat menambah minat masyarakat pada Batik Kromojati.
 
Kontributor: Daniel Enrico
(SPP-Humas)


BAZAR UMKM DUSUN KERDONMIRI OLEH KKN USD ANGKATAN LXV

Bazar UMKM di Dusun Kerdonmiri

Hari Jumat, 27 Januari 2023, Kelompok 71 KKN USD Angkatan LXV mengadakan kegiatan Bazar UMKM Kerdonmiri. Kegiatan ini dimulai pukul 15.00-19.00 WIB dan diselenggarakan di Joglo Dusun Kerdonmiri, Semugih, Kecamatan Rongkop, Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan ini diselenggarakan untuk mendukung penuh UMKM rakyat Kerdonmiri dan membantu masyarakat memperkenalkan produk olahan mereka dapat diketahui banyak orang.

Bazar ini didukung dan diikuti oleh kelompok 71 dan seluruh warga Dusun Kerdonmiri, mulai dari perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan kegiatan. Kegiatan bazar ini sepenuhnya didukung oleh warga dan juga Kepala Dukuh.

Bazar UMKM di Dusun Kerdonmiri

“Semoga kedepannya, bazar ini dapat terus dilakukan setiap bulannya untuk memajukan perekonomian warga walaupun masa KKN USD sudah selesai dilaksanakan,” ungkap Karunia Yulianto selaku Kepala Dukuh dalam sambutannya.

Agenda dalam Bazar UMKM ini meliputi senam bersama ibu-ibu, bazar rakyat dengan total kurang lebih 16 stand bazar, pentas seni dari murid bimbel meliputi menyanyi dan membawakan tarian manuk dadali dan bujang anom, dan pembagian
doorprize.
Kegiatan Bazar UMKM ini berjalan meriah karena tidak hanya dihadiri oleh warga Dusun Kerdonmiri, tetapi juga dihadiri oleh warga dusun setempat yang memang sengaja diundang untuk ikut memeriahkan acara bazar.

Kontributor: Kelompok 71 KKN USD Angkatan LXV
(TPP-Humas)
 

PENGAJARAN BIMBEL UNTUK ANAK DUSUN NGELO

Pengajaran Bimbel untuk Anak-anak di DUsun Ngelo

Kelompok 83 KKN USD Angkatan LXV, mulai 5 Januari 2023, memberikan pengajaran bimbel untuk anak yang sedang menempuh pendidikan mulai dari PAUD hingga SMP di Dusun Ngelo, Desa Petir, Kecamatan Rongkop. Kegiatan bimbel ini dilakukan setiap Senin-Sabtu di Balai Padukuhan Ngelo dari pukul 15.00-17.00 WIB.

Program bimbel dilaksanakan karena sebagian besar anggota kelompok 83 merupakan mahasiswa fakultas pendidikan serta cukup banyak anak yang masih duduk di bangku sekolah. Bimbel ini juga membantu anak-anak untuk memperdalam materi yang telah diberikan di sekolah dan membantu mereka untuk menyelesaikan tugas sekolah.

Warga Dusun Ngelo memberikan respons baik terkait berjalannya program ini karena program bimbel ini anak-anak dapat memanfaatkan waktunya dengan kegiatan yang positif setelah pulang sekolah. Warga juga berterima kasih kepada kelompok 83 karena telah bersedia membantu mengajari anak-anak terkait materi pembelajaran di sekolah.

Kontributor: Kelompok 83 KKN USD Angkatan LXV
(TPP-Humas)
 

PERPISAHAN KKN USD DUSUN SEMUGIH

Perpisahan KKN di Dusun Semugih

Kelompok 75 KKN USD Angkatan LXV bersama dengan warga Dusun Semugih menyelenggarakan acara perpisahan KKN pada hari Sabtu s.d. Minggu, 28 s.d. 29 Januari 2023 di Joglo Bu Mardilah, warga Dusun Semugih.

Kegiatan perpisahan ini dimulai dengan lomba lato-lato untuk anak-anak, dilanjutkan dengan pertunjukkan orgen tunggal electone. Kegiatan dilanjutkan pada hari kedua dengan agenda senam bersama ibu-ibu, pertunjukkan
drum band dan tari dari TK Negeri Rongkop, lomba goyang balon dan mengeluarkan bola dari kotak, dan diakhiri dengan pembagian hadiah dan doorprize.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai ucapan terima kasih dari kelompok 75 KKN USD Angkatan LXV karena sudah diperbolehkan, disambut, dan didukug dengan hangat oleh warga Dusun Semugih sehingga pelaksanaan KKN dapat berjalan dengan lancar dan baik.

“Terima kasih kepada teman-teman KKN USD kelompok 75 karena telah menyelenggarakan acara perpisahan, warga jadi dapat berkumpul dan bersenang-senang bersama,” ungkap Bapak Sukisno selaku Kepala Dusun Semugih.

Meskipun waktu yang digunakan untuk menyiapkan acara ini kurang dari seminggu, perpisahan KKN berjalan dengan meriah. Sekitar 150 warga dusun turut berpartisipasi untuk memeriahkan acara ini. Tak hanya itu, beberapa kelompok KKN lain juga ikut berpartisipasi dalam kemeriahan acara ini.

Kontributor: Kelompok 75 KKN USD Angkatan LXV
(TPP-Humas)
 

PERPISAHAN KKN USD DUSUN PRINGAPUS

Perpisahan KKN di Dusun Pringapus

Perpisahan KKN juga diselenggarakan di Dusun Pringapus, Kecamatan Rongkop, Kabupaten Gunungkidul. Acara ini diselenggarakan hari Minggu, 29 Januari 2023 di Balai Desa Pringapus oleh kelompok 48 KKN USD Angkatan LXV, bersama dengan karang taruna dan seluruh warga dusun.
 
Kegiatan yang diselenggarakan sebagai bentuk ucapan terima kasih ini diawali dengan sambutan oleh ketua kelompok 48, Melania Ua, dari prodi Pendidikan Matematika angkatan 2019. Ia menyampaikan bahwa program kerja kelompok 48 telah terlaksana dengan baik di Dusun Pringapus.

“Di sini saya ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada warga masyarakat yang telah dengan sukarela berkontribusi dalam rangkaian program kerja KKN kami. Seluruh program kerja tersebut tentu tidak dapat terlaksana tanpa bantuan dan dukungan dari masyarakat sekalian,” ungkap Mela dalam sambutannya.

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan campursari electone yang dimeriahkan oleh seluruh anggota kelompok, karang taruna, warga Dusun Pringapus, dan warga luar dusun yang juga ikut berdatangan. Perpisahan KKN ini berjalan dengan lancar dan meriah.

Kontributor: Kelompok 48 KKN USD Angkatan LXV
(TPP-Humas)
 

  kembali