USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Lembaga Kesejahteraan Mahasiswa USD Gelar SMARTFES untuk Membekali Calon Pemimpin Muda

diupdate: 1 tahun yang lalu

Para Narasumber bersama Rektor USD, Albertus Bagus Laksana SJ - dok. Humas USD

Sabtu (28/01/2023), digelar acara Acara seminar SMARTFES dengan tema “Smart Financial for Young Leaders” di Auditorium Driyarkara, kampus 2 Universitas Sanata Dharma, Yogyakart. Seminar yang merupakan kerjasama Lembaga Kesejahteraan Mahasiswa (LKM) USD dengan Socur Sekuritas ini ini menghadirkan tiga pembicara yaitu, MY Esti Wijayati (anggota komisi VIII DPR RI), R.A Yashinta Sekarwangi Mega (orang muda pegiat sosial kemasyarakatan), serta Bernardus Setya Ananda Wijaya, (CEO Sucor Sekuritas).

Rektor Universitas Sanata Dharma, Albertus Bagus Laksana, S.J., S.S., Ph.D, memberikan sambutan hangat dan pesan bagi seluruh peserta seminar SMARTFES. “Generasi masa kini perlu untuk memanfaaatkan potensi untuk terus mengembangkan diri dan memperkaya pengetahuan, khususnya pada bidang finansial. Kemandirian dan kemampuan pengelolaan finansial akan menentukan wajah masa depan bangsa kita,” ujarnya.

MY Esti Wijayanti - dok. Humas USD

Sementara itu, MY Esti Wijayati, menekankan mengenai pentingnya kepemimpinan Pancasila untuk menjadi karakter pemimpin muda Inmdonesia. “Generasi muda di jaman ini, kelak dimanapun berada, haruslah menjadi pemimpin yang berjiwa Pancasila, yang memahami konsep berbangsa dan bernegara, serta mampu mengimplementasikannya dalam hidup bermasyarakat” ungkapnya.

R.A Yashinta Sekarwangi - dok. Humas USD

Pegiat muda permasalah sosial kemasyarakatan, R.A Yashinta Sekarwangi, membagikan  pengalamannya tentang bertumbuh di dunia pendidikan pengalaman karir dan kepedulian sosial. “Saat ini pemimpin muda mutlak harus menagalami proses pendidikan yang baik, yang bisa mengasah kepekaan terhadap lingkungan sosial,” ujarnya.

Bernardus Setya Ananda Wijaya (kiri) - dok. Humas USD

Bernardus Setya Ananda Wijaya, yang masuk dalam FORBES ASIA U30 tahun 2021, mempresentasikan tips dan langkah apa saja yang perlu dilakukan agar sukses berinvestasi bagi  calon pemimpin generasi muda. Tak lupa juga ia berbagi mengenai data dan pengetahuan tentang investasi beserta sektor-sektor dalam dunia investasi, yang sangat berguna bagi peserta seminar yang ingin berinvestasi, maupun yang bercita-cita mendirikan Start Up.

Ketua LKM, Yohanes Sarju SJ (kanan), saat diwawancara - dok. Humas USD

Ketua LKM USD, Yohanes Sarju SJ, mengatakan seminar SMARTFES memberikan manfaat yang luar biasa bagi anak-anak muda, karena menghadirkan figur sukses pada bidangnya masing-masing. “Semoga para calon pemimpin masa depan mendapatkan inspirasi untuk tidak hanya aktif belajar, tetapi terus memperkaya pengetahuan mengenai kepemimpinan, investasi, dan tentu harus meningkatkan kepedulian tinggi terhadap lingkungan sosial,” harapnya.
 
(SBRM-DKS/Humas)

  kembali