USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Sosialisasi Rencana Strategis Universitas Tahun 2023-2027

diupdate: 1 tahun yang lalu

dok. Humas USD


Sosialisasi Rencana Strategis (Renstra) Universitas Sanata Dharma tahun 2023-2027 diselenggarakan pada Rabu-Kamis, 25-26 Januari 2023. Kegiatan ini diikuti oleh para pejabat struktural yang dibagi dalam tiga kelompok. Kelompok pertama dan kedua, pada hari Rabu, 25 Januari 2023 di Ruang Seminar Driyarkara. Sedangkan kelompok III di R. Multimedia Kampus III, pada Kamis, 26 Januari 2023.
 
Renstra USD 2023-2027 yang mengambil tema “Bertumbuh, Berkreasi dan Peduli” akan menjadi acuan gerak dan langkah yang akan ditempuh oleh Universitas Sanata Dharma. Dokumen Renstra juga dilengkapi dengan Dokumen Rencana Operasional (Renop) 2023-2027 yang berisi program, kegiatan, dan indikator yang akan dijalankan selama lima tahun ke depan.
 
Kegiatan sosialisasi tentang ini dilaksanakan sebagai sarana untuk memastikan bahwa seluruh pejabat Universitas Sanata Dharma memiliki satu pemahaman mengenai arah universitas untuk lima tahun ke depan. Selain itu dari kegiatan ini diharapkan agar setiap unit semakin memahami tugas dan perannya masing-masing serta semakin menguatkan kolaborasi dan sinergi antara unit.
 
Dalam paparan awalnya, Pater Albertus Bagus Laksana, SJ., Ph.D menyampaikan bahwa Renstra merupakan gerak tarian bersama seluruh civitas Universitas Sanata Dharma yang beragam dan mengandung kebebasan.
 
“Renstra adalah tarian bersama kita. Kita bergerak bersama menciptakan tarian yang indah, dalam irama yang sama dan masing-masing dari kita dengan segenap kebebasannya secara kreatif menampilkan sesuatu yang bermakna,” ungkapnya.
 
Wakil Rektor I, Prof. Ir. Sudi Mungkasi, Ph.D., menyampaikan bahwa penyusunan Renstra 2023-2027 menggunakan pendekatan analisis SOAR (Strengths, Opportunities, Aspirations, Results) melalui proses Appreciative Inquiry.
 
“Melalui pendekatan yang dipakai dalam penyusunan Renstra ini, diharapkan kita semua berfokus pada pengembangan yang berbasis kekuatan yang mengarahkan perilaku menuju pada perubahan positif melalui dialog,” ujarnya.
 
Setelah pemaparan tentang Renstra dari rektorat, kegiatan dilanjutkan dengan dengan diskusi dalam kelompok. Masing-masing kelompok mencermati dokumen renstra serta memberikan pertanyaan, masukan, dan tanggapan terkait isi Renstra dan Renop. Masukan dan tanggapan yang diberikan mengenai Renstra dan Renop akan menjadi bahan acuan untuk merevisi rancangan Rensta dan Renop sehingga dapat disolsialisasikan ke seluruh civitas Universitas Sanata Dharma dalam Rapat Kerja Universitas.
 
(TPP / AS) 

  kembali