USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Perayaan Natal Tahun Baru 2023: Kekeluargaan sebagai Sarana Untuk Bertumbuh, Berkreasi, dan Peduli

diupdate: 1 tahun yang lalu

dok. Humas USD

Minggu, 8 Januari 2023 Keluarga Besar Universitas Sanata Dharma (USD) merayakan Natal dan Tahun Baru 2023 di Kampus III, Paingan. Perayaan keluarga besar ini mengusung tema “Kekeluargaan Sebagai Saran Untuk Bertumbuh, Berkreasi, dan Peduli”. Perayaan diawali dengan Ekaristi yang dipimpin oleh Romo Agustinus Sugiyo Pitoyo, SJ., Ph.D. sebagai selebran utama, dan Romo Albertus Bagus Laksana, S.J., S.S., Ph.D., serta Romo Drs. Albertus Hartana SJ., M.Pd. sebagai konselebran. 
 
Dalam homilinya Romo Agustinus Sugiyo Pitoyo, SJ., Ph.D. menyampaikan, bahwasannya apabila manusia itu mau berubah ke pribadi yang lebih baik tidak hanya berubah secara luarnya, namun juga hati dan pikirannya,  sehingga mampu menjadi manusia yang berbuah kebaikan, bertumbuh, berkreasi, serta peduli terhadap diri sendiri, keluarga, serta hidup bermasyarakat.

dok. Humas USD

Dalam sambutan seusai perayaan Ekaristi, Rektor USD, Albertus Bagus Laksana, S.J., S.S., Ph.D menyampaikan bahwa Natal adalah hadiah dari Allah, dan tugas kita adalah menerima hadiah dan berbagi hadiah, hidup kita ditandai dengan saling memberi hadiah, begitu juga dengan yang dilakukan oleh Tiga Raja dari timur yang memberi hadiah kebada bayi Yesus adalah bentuk penghormatan tertinggi.

"Keluarga besar Universitas Sanata Dharma diminta untuk saling menghormati, karena masing-masing yang ada dalam keluarga besar Sanata Dharma mempunyai peran besar, penting dan suci, mereka mau memberi serta berkorban untuk Sanata Dharma. Diharapkan kita mampu menghargai, memberi martabat kepada satu sama lain, dan kita patut memanusiakan manusia. Hal tersebut bentuk dari hadiah natal itu sendiri," tandasnya.

dok. Humas USD

Perayaan diisi pula dengan pentas seni berupa drama dan musik dari keluarga pegawai Universitas Sanata Dharma. Dalam kesempatan perayaan Natal ini, Panitia juga membagikan bingkisan Natal berupa biji tanaman sebagai simbol bertumbuh, gunting tanaman sebagai simbol kreatifitas dan komitmen merawat bumi serta sarung sebagai simbol kepedulian memberi kehangatan bagi sesama di sekitar kita. Di akhir acara, anak-anak juga mendapatkan bingkisan Natal sebagai tanda berbagi kegembiraan dan harapan keluarga besar Universitas Sanata Dharma.

dok. Humas USD

(AS, VVBD, ABPH danm LBW)

  kembali