USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Prodi Teknologi Elektromedis Edukasi Pengelolaan dan Penggunaan Alkes di Puskesmas Kalasan

diupdate: 1 tahun yang lalu

dok. F.Vokasi

Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang berperan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Sebagai pusat pelayanan kesehatan dalam masyarakat, Puskesmas perlu melaksanakan manajemen pengelolaan dan penggunaan serta pemeliharaan dan perbaikan peralatan kesehatan yang menunjang kegiatan pelayanan kesehatan di Puskesmas. Manajemen peralatan kesehatan yang terencana dapat berperan dalam peningkatan mutu dan kualitas terhadap pelayanan kesehatan, sehingga akan berdampak pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Program Studi DIII Teknologi Elektromedis Fakultas Vokasi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta bekerja sama dengan Ikatan Elektromedis Indonesia (IKATEMI) dan PT Medcalindo padahari Sabtu, 10 Desember 2022 melaksanakan pengabdian masyarakat di Puskesmas Kalasan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi pengelolaan dan penggunaan peralatan kesehatan di Puskesmas. Pada kegiatan ini juga dilakukan pemeliharaan dan perbaikan peralatan kesehatan di Puskesmas oleh tim pengabdian masyarakat.

dok. F.Vokasi

Kegiatan pengabdian dimulai dengan pengenalan tentang bagaimana melakukan kegiatan pengelolaan peralatan kesehatan di Puskesmas. Kegiatan pengelolaan peralatan kesehatan sangat dibutuhkan dalam menjamin kesiapan alat kesehatan dalam menunjang kegiatan pelayanan kesehatan di puskesmas.  Kegiatan berikutnya dilanjutkan dengan bagaimana  menggunakan peralatan kesehatan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada petugas medis yang ada di puskesmas agar dalam menggunakan peralatan kesehatan dapat sesuai dengan SOP yang ada, sehingga usia penggunaan dari alat dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Kegiatan berikutnya adalah memberikan pelatihan kepada petugas medis di puskesmas terkait dengan kegiatan pemeliharaan peralatan kesehatan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada petugas medis agar dapat menjalankan SOP pemeliharaan peralatan kesehatan saat akan digunakan dan setelah digunakan. Sehingga kondisi dari alat kesehatan dapat terjaga kualitasnya. Kegiatan terakhir dari pengabdian ini adalah memberikan pelatihan kepada petugas medis terkait dengan perbaikan dan kalibrasi peralatan kesehatan. Kegiatan perbaikan yang dilakukan adalah kegiatan perbaikan sederhana yang dapat dilakukan oleh petugas kesehatan yang ada di puskesmas. Setelah dilakukan perbaikan, pada alat dilakukan proses kalibrasi sehingga dapat mengetahui kelayakan dari alat yang digunakan untuk menunjang pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

dok. F.Vokasi

Berdasarkan dari kegiatan pengabdian yang telah dilakukan, telah dilakukan pengecekan terhadap 29 peralatan kesehatan yang ada di Peuskesmas. Dari 29 peralatan tersebut dihasilkan kesimpulan 19 peralatan dalam keadaan baik dan 10 peralatan dalam keadaan rusak/mati. Pada peralatan yang rusak, dilakukan perbaikan dan kalibrasi sehingga 10 peralatan kesehatan yang rusak/mati dapat difungsikan kembali.

Hasil akhir dari kegiatan pengabdian yang telah dilakukan adalah 29 peralatan kesehatan yang ada di Puskesmas dapat berfungsi normal dan dapat digunakan untuk menunjang pelayanan kesehatan di Puskesmas.
 
(Tim Abdimas – FV USD)

  kembali