USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Kolaborasi dalam Pelayanan dan Kepemimpinan: Pertemuan Pengelola Program Internasional AJCU-AP

diupdate: 1 tahun yang lalu

doc. AJCU-AP

Para pengelola program internasional dari berbagai sekolah yang tergabung dalam Jesuit Conference of Asia Pacific (JCAP) bertemu di Universitas Ateneo de Manila untuk berbagi kesempatan mengajar dan belajar di pendidikan tinggi Jesuit.

Pertemuan yang berlangsung dari 30 November hingga 2 Desember itu mempertemukan 16 delegasi dari 10 lembaga anggota Asosiasi Jesuit Colleges and Universities in Asia Pacific (AJCU-AP).

Sekretaris Pendidikan JCAP Pastor Johnny Go, SJ berbagi beberapa program pelatihan untuk administrator dan anggota fakultas yang ditawarkan oleh the Gokongwei Brothers School of Education and Learning Design, dimana beliau berkarya sebagai dekan. Presiden JCAP Pater Tony Moreno SJ juga membahas prioritas JCAP di bidang pendidikan.

Rencana untuk program unggulan AJCU-AP tahun depan juga dipresentasikan. Global Leadership Program akan diselenggarakan di Universitas Katolik Fu Jen di Taiwan, sedangkan Service Learning Program akan diselenggarakan oleh Xavier Learning Community di Thailand.

Sr Sisca Setiati FCJ, salah seorang delegasi dari Myanmar Leadership Institute (MLI) menyampaikan apresiasinya atas kesempatan untuk menjajaki kemungkinan untuk terlibat dalam pertemuan ini.

“Masih banyak yang harus dilakukan di Myanmar dan pertemuan tersebut membantu untuk melihat pentingnya penguatan peningkatan kapasitas siswa dan pendidik di tengah runtuhnya struktur pendidikan negara tersebut,” katanya.

“Kami belajar cara untuk mengatasi kebutuhan pendidikan saat ini dan yang akan datang di Myanmar melalui pembelajaran kolaboratif, budaya komitmen bersama, dan jaringan,” tambahnya.

Selain menjalin hubungan satu sama lain, para delegasi juga menikmati keramahan Filipina dari tuan rumah mereka dipimpin Pastor Roberto Yap SJ, Presiden Universitas Ateneo de Manila, yang adalah juga Presiden AJCU-AP dan JCAP Secretary for Higher Education.

Para delegasi juga berkesempatan melakukan tur berpemandu ke Museum Ayala di Kota Makati, di mana mereka belajar tentang sejarah Filipina.

Caecilia Tutyandari, Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama USD yang menjadi salah seorang peserta pertemuan ini mengungkapkan harapan besarnya.

“Melalui pertemuan ini semakin ditegaskan komitmen USD untuk berkolaborasi di wilayah lebih luas, regional dan global. Semoga lewat perjumpaan di jejaring asosiasi pendidikan tinggi Jesuit ini, sivitas akademika USD mampu semakin bertumbuh, berkreasi dan peduli menjawab permasalahan pendidikan,” pungkasnya.
 
(AFH)


  kembali