USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Kunjungan Studi Banding dari Program Kemitraan DAAD DIES Buka Peluang Kolaborasi Lebih Jauh

diupdate: 1 minggu yang lalu

dok. Humas USD
 
Rabu, 23 November 2022, di R. Seminar Driyarkara, USD menerima kunjungan studi banding dari program kemitraan DAAD DIES (Deutscher Akademischer Austauschdienst  Dialogue on Innovative Higher Education Strategies). Studi banding ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kapasitas manajemen dan kepemimpinan bagi beberapa universitas mitra DAAD di Indonesia timur.

Sejak tahun 2020, program kemitraan DAAD DIES, yang didukung oleh Osnabrück University of Applied Sciences, Germany dan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta, telah berjalan untuk meningkatkan kapasitas manajemen dan kepemimpinan bagi beberapa universitas di Indonesia Timur yaitu, Universitas Halmahera (Uniera), Universitas Ottow Geisler (UOG) Papua, dan Universitas Kristen Wira Wacana (Unkriswina) Sumba.

dok. Humas USD

Hadir dalam studi banding ini 20 orang pimpinan (Rektor, Wakil Rektor, Dekan) dari UKDW, Uniera, Unkriswina, UOG, didampingi 6 orang International Trainers DAAD-DIES (dari Jerman Malaysia, dan Filipina), serta dan 4 orang National Trainers DAAD-DIES.

Rektor USD, Albertus Bagus Laksana, SJ., Ph.D., didampingi oleh Wakil Rektor I, Prof. Ir. Sudi Mungkasi., Ph.D  dan Wakil Rektor II, Dr. Yohanes Harsoyo, M.Si., menyambut kunjungan ini. Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Ir. Drs. Haris Sriwindono, M.Kom, Ph.D., Dekan Fakultas Sastra, Dr. Tatang Iskarna, Dekan Fakultas Farmasi, Dr. apt. Dewi Setyaningsih, Dekan Fakultas Vokasi,  Bernardinus Sri Widodo, M.Eng., serta Direktur Program Pascasarjana, F.X. Mukarto, Ph.D., turut pula hadir di R. Seminar Driyarkara.

Kegiatan studi banding ini merupakan rangkaian the 3rd Leadership and Management Workshop yang dilaksanakan pada tanggal 21 – 25 November 2022, di Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma dan UIN Sunan Kalijaga menjadi lembaga tujuan kegiatan studi banding ini. 

“Kami melihat USD sebagai tempat yang cocok untuk banyak belajar terkait kepemimpinan dan manajemen sebuah lembaga yang berakar dan berciri khas Kristiani serta mempunyai manajemen modern yang unggul, " ungkap Rektor UKDW, Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D., yang memimpin rombongan.

dok. Humas USD

Hal senada diungkapkan oleh Prof. Dr. Peter Mayer dari Osnabrück University of Applied Sciences, yang menjadi International Trainer program DAAD-DIES.

“Kami sangat senang bisa menemani mitra universitas untuk berkunjung di Sanata Dharma. Banyak hal yang pasti berharga untuk dipelajari dalam rangka manajemen lembaga pendidikan tinggi dalam rangka menjawab jaman," kata pengajar International Economics ini.

Kegiatan Studi banding diawali dengan diskusi yang mengambil tema Strategi Kepemimpinan dan Manajemen Universitas. Rektor USD menyampaikan bagaimana kepemimpinan dan manajemen adalah upaya terus menerus mengaktualisasikan ciri khas dengan tantangan jaman.

“Pergulatan USD adalah upaya terus menerus mengintegrasikan antara jatidiri sebagai universitas Yesuit yang didasari spiritualitas Ignasian yang sanagat cura personalis, dengan Good University Government, sebuah manajemen kelembagaan modern yang rational, efisien dan quality assurance-based," tegasnya.

dok. Humas USD

Usai diskusi, rombongan berkunjung ke beberapa unit di USD, diantaranya Perpustakaan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Lembaga Penjaminan Mutu, Biro Personalia, serta Kantor Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan. Rombongan juga berkesempatan mengunjungi Fakultas Sastra dan FKIP di Kampus I.

Rektor USD menyampaikan kegembiraannya dalam rangka menyambut kunjungan dari program kemitraan ini.

“Kunjungan ini membuka peluang bagi USD untuk terus berkembang dan berkolaborasi lebih jauh dalam rangka mendampingi pertumbuhan masyarakat yang lebih baik, seperti yang selalu dengan dicita-citakan oleh Universitas Sanata Dharma”.

Hal yang sama ditegaskan oleh Dr. Jerry Sawai, M.Si Rektor Universitas Ottow Geissler Jayapura, Papua.

“Kami sangat berterima kasih untuk sambutan dan diskusi yang sangat menarik hari ini di Sanata Dharma. Semoga kita bisa melanjutkan kerjasama ke depan, karena Sanata Dharma juga mempunyai komitmen tinggi untuk memberikan layanan pendidikan bagi wilayah timur Indonesia, seperti kami”, pungkasnya.  
 
(AFH)
 
 
 
 

  kembali