USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Karya Ide Kreatif dan Inovatif Mahasiswa Farmasi - Program Kompetisi Kampus Merdeka

diupdate: 3 minggu yang lalu

dok. PK-KM Farmasi
 
Prodi S1 Farmasi menggelar KIMAFA (Karya Inovasi Mahasiswa Farmasi) yang diselenggarakan untuk menjaring ide-ide kreatif mahasiswa menjawab persoalan kesehatan terkini dan antisipasi persoalan yang muncul di masa mendatang. Kegiatan ini terselenggara berkat dukungan dana hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka 2022.

“How to Build Your Career in Pharmaceutical Industry” yang dibawakan oleh apt. Reza Eka Putra, S. Farm., alumni Fakultas Farmasi dari PT. Dion Farma Abadi menjadi topik Talk Show dalam rangka gelar ide kreatif-inovatif mahasiswa dalam KIMAFA (Karya Inovasi Mahasiswa Farmasi) Minggu 5 November 2022 di Kampus III USD. Talkshow dihadiri oleh dosen, peserta KIMAFA, dan juga peserta umum.

dok. PK-KM Farmasi

KIMAFA berhasil menghimpun 30 ide kreatif mahasiswa untuk menawarkan solusi atas persoalan-persoalan kesehatan terkini dan antisipasi persoalan yang muncul di masa mendatang. Peserta ide inovasi ini adalah mahasiswa semester 3, 5, dan 7.

PIC KIMAFA, apt. Agustina Setiawati, M. Sc. Ph.D., mengungkapkan bahwa mahasiswa mampu mensintesiskan ide untuk berkontribusi dalam memberikan solusi dari masalah di sekitarnya.
"Para mahasiswa berhasil dalam studi literatur dan menuangkan ide kreatifnya dalam bentuk laporan akhir dan poster dengan waktu yang terbatas", ungkapnya.

dok. PK-KM Farmasi

Dekan Fakultas Farmasi, Dr apt. Dewi Setyaningsih, M.Sc, dalam sambutannya mengungkapkan perlunya lulusan Farmasi USD berselancar dalam menghadapi tantangan berat di tahun-tahun mendatang.

"Isu persoalah ekonomi global melanda. Peningkatan skill mahasiswa dalam problem solving, self management, working team, dan technology adaptable perlu diperhatikan oleh setiap mahasiswa", ujarnya.

dok. PK-KM Farmasi

Rangkaian acara selanjutnya adalah penilaian hasil ide inovasi mahasiswa farmasi dalam acara KIMAFA dengan melibatkan 2 reviewer, yaitu apt. Octavianus Budi Santosa, M.Farm. (PT. Graha Farma) dan apt. Evy Fenny Veronica, M.Farm (PT. Capung Indah Abadi).

Dari kegiatan KIMAFA ini, dihasilkan 15 kelompok yang memiliki ide kreatif terbaik. Mereka mendapatkan penghargaan yang diserahkan oleh apt. Agustina Setiawati. M. Sc. Ph.D., selaku PIC dan Dr. Florentinus Dika Octa Riswanto selaku Kaprodi S1 Farmasi.


(AAN)

  kembali