USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

PBI Rumuskan Program Magang MBKM bersama dengan Mitra DUDI

diupdate: 1 tahun yang lalu

dok. PK-KM_PBI_22

Salah satu program yang diusung dalam hibah PK-KM prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) adalah peningkatan kualitas lulusan melalui intensifikasi pendampingan dan ekstensifikasi kemitraan di tingkat nasional dan internasional. Sebagai salah satu implementasi dari program ini, prodi PBI Universitas Sanata Dharma menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Perumusan Kegiatan Magang bersama dua mitra DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri), yaitu IONS International Education dan Discovery English. Kegiatan FGD ini merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya, yaitu Lokakarya Pengembangan Kemitraan dengan mitra DUDI yang telah menghasilkan dua buah MoU dan MoA antara Universitas Sanata Dharma dengan IONS International Education dan Discovery English.

Kegiatan FGD ini bertujuan untuk mengembangkan rumusan kegiatan magang mahasiswa yang rencananya akan diimplementasikan mulai awal tahun 2023. Kegiatan FGD dilaksanakan dalam dua pertemuan, masing-masing pertemuan untuk satu mitra DUDI. Pertemuan pertama FGD dilaksanakan pada tanggal 6-7 Oktober 2022 bersama mitra IONS International Education di Hotel INNSide by Melia Yogyakarta. Sedangkan, pertemuan kedua dilaksanakan pada tanggal 13-14 Oktober 2022 bersama mitra Discovery English di lokasi yang sama. Kedua pertemuan tersebut dihadiri oleh beberapa perwakilan dari mitra, Kaprodi dan Wakaprodi PBI, serta dua orang dosen PBI yang merupakan tim taskforce hibah PK-KM.

dok. PK-KM_PBI_22

Dalam kedua pertemuan FGD, para perwakilan mitra dan prodi PBI berdiskusi untuk membuat rumusan kegiatan magang MBKM yang meliputi capaian pembelajaran, rincian aktivitas, sekaligus penghitungan SKS magang. Dari kegiatan FGD ini, dihasilkan empat RPS kegiatan magang dengan rincian: tiga RPS untuk magang pada tiga posisi di IONS International Education, dan satu RPS magang untuk integrated position di Discovery English. Adanya RPS magang ini diharapkan dapat mendukung kesiapan prodi PBI untuk menyelenggarakan kegiatan magang mandiri yang akan diluncurkan pada semester genap 2022/2023.

(RAP)

  kembali