USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Dua Mahasiswa Universitas Sanata Dharma mengikuti NUNI Student Camp 2022

diupdate: 2 tahun yang lalu

dok. BKHI

Ferdian Anugrah Octavandi (Manajemen, F.E) dan Maria Esterlita (Pendidikan Biologi, FKIP) menjadi wakil Universitas Sanata Dharma mengikuti kegiatan Nationwide University Network in Indonesia (NUNI) Student Camp 2022 pada 4-6 Oktober 2022 di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Salatiga. Kegiatan Student Camp ini dilaksanakan untuk mendukung program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Nasional. 

Agenda hari pertama NUNI Student Camp berfokus untuk melakukan perkenalan dari masing masing peserta dan semua yang terlibat di seluruh rangkaian kegiatan. Pada hari kedua, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok acak dengan bidang-bidang yang berbeda. Ferdian, berada di kelompok bidang keagamaan, berkesempatan untuk mengunjungi pesantren dan melakukan diskusi dengan pengurus pesantren dan sinode GKJ untuk melakukan diskusi “upaya komunikasi antar agama”.

dok. BKHI

Sedangkan Maria berada di kelompok bidang pendidikan, membahas mengenai masalah pendidikan yang berada di Indonesia. Diskusi kelompok Maria menghasilkan sebuah rancangan proyek PINTAR (Pinisi Star) Sekolah Alternatif yang mampu menyediakan fasilitas yang dapat menunjang minat dan bakat anak-anak setempat dan dapat menjadi sarana alternatif penunjang pembelajaran di sekolah. Hari ketiga, semua peserta diajak berkeliling kota salatiga dan mengunjungi tempat tempat ikonik yang kemudian ditutup dengan presentasi masing-masing bidang.

Rangkaian acara NUNI Student Camp juga meliputi “Presidential Forum & Annual Meeting” untuk universitas-universitas anggota NUNI. Pada tanggal 6 Oktober 2022, Wakil Rektor IV, Caecilia Tutyandari, Ph.D., serta Kepala Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional, Yurisdixta Menavia, mewakili Universitas Sanata Dharma untuk mengikuti Presidential Forum & Annual Meeting NUNI 2022 bergabung bersama Ferdian dan Maria.
 
dok. BKHI

Di pertemuan ini, universitas anggota NUNI membahas program kerja NUNI yang mencakup: Faculty Mobility, Student Mobility, dan Research Collaboration, kemudian juga mengevaluasi program yang sudah berjalan sebelumnya baik program kerja sama maupun program program mandiri untuk dijadikan diskusi pertukaran ide setiap universitas. Setiap anggota memberikan masukan menurut perspektif masing masing serta harapan kedepannya untuk NUNI setelah usai pandemi di Indonesia.
 
Dengan adanya program ini diharapkan mahasiswa peserta NUNI Student Camp dapat memahami praktek baik dalam membangun kehidupan masyarakat yang inklusif dan damai, serta dapat merancang kegiatan di daerahnya yang dapat mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan melalui kegiatan diskusi, kolaborasi, dan penyajian proyek.
 
(AA & HIN)
 

  kembali