USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

PBI USD selenggarakan Lokakarya Pengembangan Kemitraan DUDI sebagai Implementasi hibah PK-KM 2022

diupdate: 2 tahun yang lalu

dok. PBI

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) USD berhasil memperoleh hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) 2022. Salah satu program hibah tersebut adalah peningkatan kualitas lulusan melalui intensifikasi pendampingan dan ekstensifikasi kemitraan di tingkat nasional dan internasional. Program tersebut secara kongkrit diwujudkan dalam rangkaian program pengembangan kegiatan magang di institusi pendidikan non-formal dengan fasilitasi dua mitra Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) di dalam negeri.

Aktivitas yang merupakan tahap pertama dari program tersebut adalah Lokakarya Pengembangan Kemitraan dengan DUDI yang diselenggarakan pada hari Jumat, 23 September 2022 bertempat di Hotel Grand Keisha Yogyakarta. Dalam lokakarya ini, diundang perwakilan-perwakilan dari dua mitra DUDI, yaitu IONs International Educations) dan Discovery English. Keduanya adalah mitra-mitra yang akan diajak berkolaborasi untuk menyelenggarakan kegiatan magang MBKM pada tahun 2023. Hadir pula dalam lokakarya ini Prof. Ir. Sudi Mungkasi, Ph.D. (Wakil Rektor Bidang Akademik), Caecilia Tutyandari, Ph.D (Wakil Rektor Bidang Kerjasama), Tarsisius Sarkim, Ph.D (Dekan FKIP USD); V. Triprihatmini, M.Hum., M.A (Kaprodi PBI USD), dan dua orang PIC kegiatan hibah aktivitas tahap pertama.

dok. PBI

Dari kegiatan lokakarya pengembangan kemitraan ini, dihasilkan dua buah MoU (Nota Kesepahaman) dan MoA (Nota Kesepakatan) antara Universitas Sanata Dharma dengan IONs International Educations dan Discovery English. Kedua mitra DUDI baru ini merupakan penyelenggara Pendidikan non-formal yang cukup terkemuka di Yogyakarta. IONs International Education memiliki belasan jenis pendidikan dan pelatihan di berbagai bidang, termasuk Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, Pendidikan Usia Dini, kuliner, dan sebagainya. Sedangkan Discovery English adalah perusahaan start-up yang bergerak di bidang pelatihan Bahasa Inggris yang unggul dalam pengembangan konten-konten pembelajaran digital.

Adanya kemitraan dengan kedua DUDI tersebut diharapkan dapat menjadi langkah awal dari pelaksanaan kegiatan magang mahasiswa PBI USD dalam rangka mensukseskan program MBKM yang dicanangkan oleh pemerintah. “Dengan dilaksanakannya kegiatan magang, diharapkan PBI USD dapat menghasilkan lulusan yang lebih kompeten, berkualitas dan siap kerja di bidang pengajaran Bahasa Inggris dan bidang-bidang lain yang berkaitan,” papar Ibu V. Triprihatmini.

dok. PBI

Kemitraan antara USD dan kedua mitra DUDI ini selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan kegiatan “FGD Perumusan Kegiatan Magang Industri”, yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2022. Rangkaian kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan kegiatan magang MBKM mandiri yang diproyeksikan untuk terlaksana mulai awal tahun 2023.
(RAP) 

  kembali