USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Kunjungan Universitas Pignatelli Triputra Dalam Rangka Tingkatkan Kualitas Organisasi dan Pelayanan

diupdate: 2 tahun yang lalu

dok. Humas USD
 
Senin, 26 September 2022 di Ruang Driyarkara Kampus II, USD menyambut kunjungan dari Universitas Pignatelli Triputra (UPITRA), Surakarta. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas organisasi dan pelayanan UPITRA sebagai universitas yang baru. Hadir dalam acara kunjungan ini, Rektor kedua perguruan tinggi, yang didampingi oleh para Wakil Rektor dan sejumlah Kepala Biro, seperti Personalia, Keuangan, Humas, Kerjasama, Administrasi Akademik, Karir dan Alumni, serta Lembaga Bahasa.

Rektor USD, Albertus Bagus Laksana, S.J., S.S., Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan harapannya bahwa Universitas Sanata Dharma dan Universitas Pignatelli Triputra untuk bisa lebih saling mengenal dan meningkatkan kolaborasi, “Dalam perjumpaan ini, terasa spirit kebersamaan, keterbukaan, serta keprihatinan bersama untuk pendidikan anak bangsa.”

Senada dengan Romo Bagus, Rektor UPITRA, Dr. Fransisca Ninik Yudianti M.Acc., QIA., CSRA., mengungkapkan bahwa melalui kunjungan ini pihaknya ingin belajar tentang organisasi dan tata kelola dari Universitas Sanata Dharma, “Kami melihat USD sebagai tempat brenchmarking yang tepat. Kami ingin belajar banyak hal, khususnya terkait dengan tata kelola sebuah universitas besar yang sudah terbukti bagus dan layak untuk dicontoh. Meski universitas kami masih kecil, kami tidak ragu mengikuti jejak universitas yang sudah jadi.”

dok. Humas USD

Kegiatan diisi dengan sharing dan diskusi serta kunjungan ke beberapa biro yang ada di USD. Dalam sesi sharing dan diskusi dibentuk kelompok sesuai dengan bidang dan layanan yang ada di kedua universitas. Para kepala biro terkait saling membagikan gambaran tugas pokok dan fungsinya serta mendiskusikan beberapa harapan dan tantangan yang dihadapi dalam tata kelola organisasi universitas.

Kepala Biro Humas dan Kerjasama Universitas Pignatelli Triputra, Fitria Yuliani mengungkapkan bahwasanya dari kunjunngan ini, pihaknya mendapat banyak pandangan baru untuk dipelajari dan diterapkan. “Kami sudah banyak melakukan tugas-tugas di humas sesuai dengan tugas dan pokok fungsi kami. Namun dengan adanya ada sharing dan diskusi ini, sangat menambah wawasan kami, sehingga kami bisa melihat lagi, apakah yang kami lakukan sudah benar, wilayah mana yang perlu ditingkatkan, serta memilah mana yang cocok untuk diterapkan di UPITRA.”

dok. Humas USD

Usai sharing dan diskusi, acara dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan dan kunjungan ke beberapa kantor biro untuk mengetahui lebih jauh tentang pengelolaan dokumen, tata kelola sumber daya, serta penataan tempat kerja yang bisa membangun dan menguatkan budaya organisasi.

Dari kunjungan singkat membahas tata kelola organisasi ini, diharapkan UPITRA dan USD bisa melangsungkan kerja sama lebih luas ke wilayah tridharma, misalnya pertukaran mahasiswa dan dosen serta kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.
 
(MTK)
 
             
             

  kembali