USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Prodi Farmasi dan PBI Memenangkan Hibah Bantuan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) 2022.

diupdate: 2 tahun yang lalu




Program Studi Farmasi dan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Sanata Dharma memenangkan hibah bantuan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) Tahun Anggaran 2022 Gelombang III dari  Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Melalui surat nomor 0620/E.E3/DT.03.07/2022, Prodi Farmasi dan PBI termasuk bagian dari 32 program studi dari 27 Perguruan Tinggi yang mendapatkan bantuan hibah di tahun 2022 ini.

Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) adalah salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI untuk mendukung kebijakan Kampus Merdeka. PK-KM merupakan program kompetisi terbuka dengan sistem seleksi berkelompok (tiered system) yang bertujuan meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi, menguatkan mutu dosen dan relevansi pendidikan tinggi, menguatkan mutu dosen dan tenaga kependidikan, serta menguatkan sistem tata kelola.

Untuk mendapatkan hibah PK-KM ini, masing-masing prodi yang menjadi calon peserta wajib mengajukan proposal program. Bagi prodi Farmasi, tahun ini menjadi tahun kedua mendapatkan hibah. Menurut Ketua Program Studi Farmasi, Dr. Florentinus Dika Octa Riswanto, M.Sc., Prodi Farmasi mengajukan 4 program, yaitu: (1) Digitalisasi pembelajaran, (2) Peningkatan kompetensi pedagogi praktisi, (3) Peningkatan instrumen pendukung kegiatan pembelajaran, dan (4) Rekacipta produk inovasi Mahasiswa.

Sementar itu, Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris, Veronica Triprihatmini, M.Hum., M.A, menyampaikan bahwa prodi PBI mengajukan program; (1) Intensifikasi pendampingan dan ekstensifikasi kemitraaan di tingkat nasional serta internasional, (2) Intensifikasi dan ekstensifikasi kegiatan tridharma yang berkolaborasi dari dalam dan luar negeri, serta (3) Intensifikasi pelaksanaan kurikulum Outcome-Based Education (OBE) berdasarkan paradigma Pedagogi Ignasian secara optimal melalui modul dan asesmen dalam flipped learning

Tentu saja keberhasilan dua program studi ini memberikan kegembiraan dan harapan besar bagi seluruh civitas akademika USD.  Melalui program ini, mahasiswa akan mendapat banyak ilmu dan keterampilan tidak hanya dari dosen tetapi juga dari para praktisi di bidang pendidikan maupun DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri). Mereka juga akan berlatih mengembangkan karya inovasi melalui mata kuliah yang lebih mempersiapkan mereka untuk memasuki dunia kerja. Sementara itu bagi lembaga, pelaksanaan Hibah PK-KM 2022 ini akan memberikan kontribusi dalam pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas Sanata Dharma.

Meski demikian, tidak sedikit tantangan yang harus dihadapi dalam pelaksanaan program ini.  Tantangan utama yang dihadapi adalah waktu pelaksanaan yang sangat singkat. PK-KM harus selesai pada bulan November 2022, dan hingga saat ini kegiatan belum bisa dimulai karena penandatanganan kontrak belum dilakukan. Dengan demikian waktu pelaksanaan hanya sekitar 4 bulan efektif.
 
(AFH - Humas)

  kembali