USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Penarikan Mahasiswa KKN USD Angkatan 64: ” Bertumbuh dan Berkreasi Bersama Masyarakat”

diupdate: 2 tahun yang lalu

 

Pusat Kuliah Kerja Nyata (PKKN) Universitas Sanata Dharma (USD) secara resmi menarik mahasiswa peserta KKN Mandiri Angkatan 64 pada Jumat, 29 Juli 2022. Upacara Penarikan dilaksanakan di Auditorium Driyarkara USD dan disiarkan secara langsung di kanal Youtube Humas USD. Kegiatan KKN USD Angkatan 64 berlangsung dari tanggal 30 Juni sampai dengan 29 Juli 2022 dengan mengangkat tema “Bertumbuh dan Berkreasi Bersama Masyarakat”. Dari total 1.024 mahasiswa peserta KKN Mandiri Angakatan 64 ini, 151 mahasiswa mengikuti model luring, 404 mahasiswa mengikuti model daring, dan 437 mahasiswa mengikuti model
hybrid.

Kepala Pusat KKN USD, Dr. S. Widanarto Prijowuntanto, S.Pd., M.Si. menyampaikan, “Keberterimaan masyarakat terhadap KKN Universitas Sanata Dharma sangat tinggi, hal ini nampak pada waktu perpisahan, para dukuh mengaku semedot (perasaan ketika tidak ingin berpisah-red)”. Sementara itu Wakil Rektor III USD, Dr. Titik Kristiyani, M.Psi., menyampaikan ucapan selamat kepada mahasiswa KKN Angkatan 64 atas selesainya seluruh rangkaian kegiatan KKN beserta program-program kerjanya. Dalam amanat singkatnya Ibu Titik juga menyampaikan bekal yang didapatkan para peserta dari kegiatan KKN tentu sangat berguna bagi perjalanan studi selanjutnya, yakni pengalaman mengidentifikasi masalah, mencari solusi atas masalah, memecahkan masalah dan membuat refleksi. Beliau berharap agar mahasiswa dapat mengambil pelajaran dari kegiatan KKN sebagai pengalaman menghadapi realita hidup yang lainya. “Apapun pengalaman itu, semoga menjadi modal yang sangat penting untuk bertumbuh dan akhirnya berkreasi”.


KKN ini membawa banyak pengalaman menarik bagi para pesertanya. Mario Yulianto, mahasiswa Program Studi Informatika yang mengambil model KKN hybrid menyampaikan, “Walaupun struggle nya cukup banyak, tapi Puji Tuhan bisa dijalankan sesuai harapan kelompok. Reaksi masyarakat juga senang dengan model KKN ini”. Ia bersama rekan-rekannya menjalankan program bagi anak-anak SD, diantaranya mengajar Bahasa Inggris, mengajar Aksara Jawa, dan sosialisasi hidup sehat.
Sementara itu, Gobert dari Program Studi Teknik Mesin, menyampaikan bahwa KKN model hybrid pada awalnya membuat bingung para peserta dalam memulai rangkaian program kerjanya. Namun karena penerimaan warga sasaran yang baik dan kooperatif, maka semua program kerja dapat dilaksanakan dengan lancar dan bahkan meninggalkan banyak kenangan baik. Gobert juga berharap KKN model hybrid ini bisa terus dikembangkan pada KKN USD angkatan-angkatan berikutnya.
Upacara Penarikan KKN ditutup dengan penyerahan bendera 3C oleh dua perwakilan mahasiswa KKN kepada Wakil Rektor III USD sebagai simbolisasi secara resmi penerimaan kembali mahasiswa peserta KKN USD. Tepuk tangan meriah oleh mahasiswa yang hadir di Auditorium Driyakara mengakhiri acara penutupan KKN Angkatan 64 USD.
 
(DPM & YY)

  kembali