USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

UPMPK USD Menerima Tim dari Unika Soegijapranata Dalam Rangka Studi Banding

diupdate: 2 tahun yang lalu


Tim dari Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata melakukan studi banding terkait pengelolaan dan pengembangan Matakuliah Umum (MKU-Unika Soegijapranata) atau Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK-Universitas Sanata Dharma) di Universitas Sanata Dharma (USD) pada Kamis, 9 Juni 2022. Pertemuan berlangsung dari pukul 09.00 sampai dengan 12.00 WIB bertempat di Ruang Kadarman, Gedung Pusat, Kampus II USD.



Unika Soegijapranata diwakili oleh Dr. Bertha Bekti (Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni), Dr. Heny Hartono, S.S., M.Pd. (Kepala Lembaga Pengembangan, Pengkajian, dan Pendidikan ), Ir. IM. Tri Hesti Mulyani, M.T. (Kepala Pusat Kajian dan Pengembangan Kurikulum), Dr. Dra. Lucia Hernawati, M.S. (Kepala Pusat Kajian dan Pengembangan Andragogi), Hironimus Leong, S.Kom., M.Kom. (Kepala Pusat Pengembangan Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian/MBKM) dan Novitasari (staf Lembaga Pengembangan, Pengkajian, dan Pendidikan). Sementara, pihak Universitas Sanata Dharma diwakili oleh Prof. Ir. Sudi Mungkasi, Ph.D. (Wakil Rektor I), Dr. Titik Kristiyani, M.Psi. (Wakil Rektor III), Caecilia Tutyandari, Ph.D. (Wakil Rektor IV), Nikolas Kristiyanto, S.J., S.S., S.T.B, S.S.L (Kepala Unit Penyelenggara MPK), dan koordinator masing-masing matakuliah pengembangan kepribadian.

Dr. Bertha Bekti mengawali pertemuan dengan menyampaikan maksud dan tujuan studi banding bersama tim Unika Soegijapranata ke Universitas Sanata Dharma, yaitu mempelajari pengelolaan dan pengembangan materi matakuliah umum yang dilakukan di Universitas Sanata Dharma. Sementara mewakili pihak Universitas Sanata Dharma, Prof. Ir. Sudi Mungkasi, Ph.D. dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari pihak Unika Soegijapranata dan menyambut baik studi banding antar kedua perguruan tinggi. Studi banding selain sebagai sarana menggali informasi untuk pengembangan program, juga dapat digunakan sebagai sarana belajar bersama dalam menciptakan inovasi-inovasi dalam pengelolaam matakuliah umum/pengembangan kepribadian.





Dalam pertemuan ini, tim Unika Soegijapranata menggali berbagai informasi terkait perancangan dan pelaksanaan program Formasi Cerdas Humanis, proses revitalisasi yang telah dilakukan pada 7 matakuliah pengembangan kepribadian, serta teknis pengelolaan matakuliah MPK di Universitas Sanata Dharma. Pada akhir acara studi banding, tim Unika Soegijapranata mengucapkan banyak terima kasih atas berbagai ide segar tentang pengelolaan dan revitalisasi dinamika pembelajaran mata kuliah umum/pengembangan kepribadian yang kemungkinan dapat diadaptasi oleh pihak pengelola mata kuliah umum Unika Soegijapranata.

(SPD)

  kembali