USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Workshop Penelitian dan Publikasi Internasional “The Stages of Doing Reseacrh For Publication"

diupdate: 2 tahun yang lalu




Pusat Penelitian, Pelatihan, dan Pelayanan Konseling Sekolah (P4KONS) Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta bekerjasama dengan The Chicago School of Professional Psychology (TCSPP), Chicago, USA menyelenggarakan Seminar dan Workshop Penelitian dan Publikasi Internasional dengan tema “The Stages of Doing Research for Publication” pada Kamis, 19 Mei 2022 dan Selasa, 24 Mei 2022 pada pukul 19.00 – 21.00 WIB. Kegiatan ini diselenggarakan secara online melalui zoom meeting yang diikuti sebanyak 130 peserta mulai dari guru dari berbagai sekolah rekanan, dosen dari beragam fakultas, praktisi di bidang pendidikan, dan mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling.  Tujuan dari kegiatan ini yaitu menghasilkan artikel atau proposal yang nantinya akan diajukan untuk publikasi internasional.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, 19 Mei 2022 ini diawali dengan pembukaan oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta yaitu Drs. Tarsisius Sarkim, M.Ed., PhD untuk menyambut narasumber dari TCSPP dan seluruh peserta yang hadir pada kegiatan ini. “Thank you very much and we really appriciate your presence here and your availability to work with us and we are very confident with this event and to have us to realize our dream to publish the quality articles” ujar Drs. Tarsisius Sarkim, M.Ed.,PhD. Setelah itu dilanjut dengan pemaparan materi dari TCSPP dalam main room zoom meeting terkait langkah yang harus di ambil dan dilakukan untuk dapat melakukan penelitian hingga akhirnya sampai ke publikasi interasional. Kegiatan dilanjutkan pada hari Selasa, 24 Mei 2022 dengan workshop ke dalam beberapa breakout room zoom meeting. Seluruh peserta masuk ke dalam breakout room zoom meeting sesuai dengan pilihan jenis penelitian yang akan digunakan (terdiri dari kuantitatif, kualitatif, action research). Kegiatan dalam breakout room zoom meeting ini yaitu workshop terkait penyusunan rencana penelitian dan seminar proposal penelitian dari masing-masing peserta.

Selama 2 hari pelaksanaan Seminar dan Workshop Penelitian dan Publikasi Internasional ini peserta yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias dan juga banyak dari peserta yang menginginkan tambahan waktu karena pembahasan pada Seminar dan Workshop Penelitian dan Publikasi Internasional ini sangat membantu para peserta dalam perencanaan penelitian dan publikasi terkait masalah yang banyak ditemui di lapangan. Banyak dari mereka yang memiliki rencana penelitian yang sangat kreatif dan mendesak. Dengan adanya kegiatan Seminar dan Workshop Penelitian dan Publikasi Internasional ini, terbentuk pula jejaring dan relasi baru antar peserta dalam membahas rencana penelitian yang akan dilakukan. Kegiatan ini pun di tutup dengan pesan, kesan, dan harapan yang disampaikan oleh Ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling yaitu Dr. Yohanes Heri Widodo, M.Psi. yang harapannya kegiatan ini dapat menjadi sarana awal untuk menciptakan penelitian dan publikasi internasional guna meningkatkan kemampuan guru, dosen, dan praktisi-praktisi dalam pengembangan profesi mereka lebih maju.

(My)

  kembali