USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

SDU Press Berpartisipasi pada Mukerda APPTI Korwil Jateng-DIY

diupdate: 2 tahun yang lalu




Penerbit Sanata Dharma University (SDU) Press berpartisipasi pada gelaran Musyawarah Kerja Daerah (Mukerda) Afiliasi Penerbit Perguruan Tinggi (APPTI) Korwil Jateng-DIY yang dilaksanakan pada hari Kamis-Sabtu, 2-4 Juni 2022 di Universitas Islam Nadhatul Ulama (UNISNU), Jepara.

Mukerda dengan tema “Revitalisasi penerbit perguruan tinggi melalui sinergi, kolaborasi, dan kemitraan dengan industri dan pemerintah” ini dihadiri oleh Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta, Rektor UNISNU Dr. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag., pengurus pusat APPTI Dr. Purnomo Ananto MM. dan Dr. Aam Bastaman.

Delegasi dari USD diwakili oleh Kepala Pusat Penerbitan Buku dan Bookshop (P2B) USD - Mega Wulandari, M.Hum.; Dr. Yoseph Yapi Taum; dan Veronika Margiyanti. Dalam Mukerda tersebut terpilih sebagai ketua Prof. Dr. Irfan Helmy, LC., M.A. (IAIN Salatiga) menggantikan Dr. Yoseph Yapi Taum yang sebelumnya menjabat sebagai ketua. Kini Dr. Yoseph Yapi Taum didaulat sebagai penasihat pengurus APPTI Korwil DIY-Jateng yang baru. Sedangkan Ibu Mega Wulandari dan Ibu Veronika Margiyanti dipercaya sebagai bendahara dan sekretaris dalam susunan pengurus yang baru.

Selain memilih kepengurusan baru, pada Mukerda juga ditetapkan program kerja pengurus APPTI Korwil Jateng-DIY masa bhakti 2022-2026. Dalam sambutannya Ketua APPTI Pusat Dr Purnomo Ananto MM mengucapkan selamat kepada pengurus baru yang telah terpilih sebagai pengurus APPTI Korwil Jateng-DIY pada masa bhakti 2022-2006.

“Kepemimpinan yang kolektif dan kolegial akan mendorong kinerja pengurus semakin kompak, dan ini adalah korwil pertama di Indonesia yang kompak, kami harapkan inovasi-inovasi dalam pengelolaan APPTI,” kata Purnomo. “Dengan adanya pengurus sub koordinator pada Korwil Jateng -DIY ini juga merupakan terobosan untuk semakin mudah korrodnasi dan memperbanyak anggota penerbit perguruan tinggi,” tambahnya.

Selain itu, Mukerda juga dihadiri perwakilan perguruan tinggi di Jateng dan DIY antara lain Unnes, UNS, UNY, Unsoed, USM,IAIN Salatiga, UII, Udinus, UMS, UMP, Unugha, PIP Semarang, Unwidha, Stikes Kendal, ITT Purwokerto, Unwahas, Unisnu, UPP STIM YKPN, ISI Surakarta, Politeknik Banjarnegara, Unimar AMNI, Unkaha, IT Bisnis AAS Ind Surakarta dan lain-lain. Dengan Mukerda ini diharapkan terjalinnya kerjasama antar Perguruan Tinggi dalam pengadaan buku-buku berkualitas yang ditulis oleh dosen-dosen pada Perguruan Tinggi terkait.

Dengan keterlibatan USD dalam APPTI, para pengelola SDU Press diharapkan mendapatkan pengembangan profesionalitas perbukuan lewat berbagai event yang diadakan oleh APPTI, seperti seminar, lokakarya, dan pelatihan. Penerbit yang menggabungkan diri ke dalam APPTI juga akan mendapatkan informasi tentang berbagai kebijakan pemerintah menyangkut perbukuan, proyek-proyek pengadaan buku pemerintah, maupun kegiatan-kegiatan nasional atau internasional di bidang perbukuan.

(MW)

  kembali