USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Lulusan Program Profesi Insinyur USD Bertambah 9 Orang

diupdate: 3 bulan yang lalu










Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Sanata Dharma (USD) mengadakan Pelantikan Insinyur Angkatan II Periode 1 T.A. 2021/2022 pada Kamis 31 Maret 2022. Pelantikan Insinyur dilaksanakan secara kombinasi yaitu secara luring di Ruang Seminar, Auditorium Driyarkara Kampus 2 USD, secara daring melalui aplikasi Zoom, serta disiarkan langsung melalui kanal YouTube Humas USD.

Ketua PSPPI Ir. I Petrus Kanisuius Purwadi, M.T., IPM, saat menyampaikan laporan antara lain menyebutkan bahwa pelantikan angkatan ini ada sebanyak 9 orang. Setelah laporan dari Ketua PSPPO dilanjutkan sambutan Rektor USD yang diwakili oleh Wakil Rektor I Prof. Ir. Sudi Mungkasi, S.Si., M.Math.Sc., Ph.D. yang mengharapkan sebagai insinyur yang baru dilantik dapat menyeimbangkan antara menjadi seorang pendidik atau dosen. Seorang insinyur agar dapat menerapkan dua hal kompetensi yaitu sebagai pendidik yang berkewajiban mengembangkan ilmu pengetahuan dan menjadi seorang insinyur yang bisa memberikan kekokohan dan efektivitasnya. Di akhir sambutannya Prof. Sudi mengingatkan sebagai civitas akademika Universitas Sanata Dharma dapat selalu “Bertumbuh” dengan memperbaiki diri dari waktu ke waktu, “Berkreasi” dengan menciptakan sesuatu atau turut dalam inovasi dalam memperbaiki yang sudah ada menjadi yang lebih baik, dan “Peduli”dengan memperhatikan lingkungan dan sesama manusia.

Sambutan LLDikti Wilayah V yang diwakili oleh Taufiqrahman, S.E. dalam sambutannya mengatakan bahwasanya insinyur telah menjadi faktor utama dalam menjawab tantangan infrakstruktur dalam era pembangunan dalam pemerintahan kali ini, sehingga hal tersebut menjadi suatu kehormatan karena telah menjadi Patriot Pembangunan. Kemudian, Sambutan Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) yang diwakili oleh Ir. Bambang Goeritno M.Sc., MPA., IPU selaku Sekjen PII mengatakan harapan kepada para insinyur dapat menjadi pemecah masalah dalam pengembangan teknologi dalam pengurangan emisi karbon serta Universitas Sanata Dharma dapat selalu berkontribusi dalam melahirkan insinyur-insinyur baru yang berkualitas serta memiliki kompetensi cerdas humanis.

Memasuki prosesi pelantikan, setelah menyampaikan sambutannya, Sekjen PII memimpin pembacaan Sumpah Insiyur, diikuti oleh seluruh peserta yang dilantik Selanjutnya, Wakil Rektor I USD, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi USD, Wakil Ketua Ikatan Alumni USD, memberikan kepada peserta pelantikan secara berurutan Sertifikat Profesi Insinyur, penyematan helm, serta PIN Ikatan Alumni Universitas Sanata Dharma. Setelah itu prosesi pelantikan dilanjutkan dengan pembacaan Panca Prasetya Alumni oleh seluruh peserta pelantikan. Prosesi pelantikan diakhiri dengan penandatangan Kode Etik Insinyur. Rangkaian acara pelantikan diakhiri dengan doa ucapan syukur oleh salah satu peserta pelantikan, Ir. Budi Setyahandana, M.T.

(JNJ & TA)

  kembali