USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Pelantikan Rektor dan Wakil Rektor USD Periode 2022-2026: “Bertumbuh, Berkreasi, Peduli”

diupdate: 3 bulan yang lalu






Pelantikan Rm. Albertus Bagus Laksana, S.J., S.S., Ph.D sebagai Rektor Universitas Sanata Dharma (USD) periode 2022-2026 telah dilaksanakan pada Jumat (25/03). Acara pelantikan yang mengusung tema “Bertumbuh, Berkreasi, Peduli” ini diselenggarakan di gedung Auditorium Driyarkara dan dapat disaksikan oleh seluruh civitas akademika USD lewat siaran langsung kanal YouTube Humas USD. Selain pelantikan Rm. Bagus sebagai Rektor, turut dilantik pula jajaran Wakil Rektor.yang terdiri dari Prof. Ir. Sudi Mungkasi, Ph.D. sebagai Wakil Rektor I; Dr. Yohanes Harsoyo, S.Pd., M.Si. sebagai Wakil Rektor II; Dr. Titik Kristiyanti, M.Psi sebagai Wakil Rektor III; dan Caecilia Tutyandri, Ph.D. sebagai Wakil Rektor IV.

Perayaan Ekaristi mengawali hari yang berbahagia ini. Perayaan Ekaristi juga sekaligus untuk memperingati Hari Raya Kabar Sukacita. Mgr. Robertus Rubiyatmoko (Uskup Agung Keuskupan Agung Semarang) yang memimpin jalannya misa. Lewat homilinya, Mgr. Robertus menyampaikan bahwa kehadiran Rektorat yang baru juga memunculkan harapan yang baru. “Harapan baru khususnya untuk kemajuan, perkembangan bagi Universitas Sanata Dharma ini. Sebagaimana Yesus menumbuhkan pengharapan baru dalam diri kita, demikian juga kehadiran Rektorat baru diharapkan menumbuhkan pengharapan yang nantinya akan terealisasi demi kemajuan universitas dan masyarakat kita,” ujar Mgr. Robertus.

Rektor USD periode 2018-2022, Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D., turut menyampaikan pidato memorial dalam acara ini. “Kepada Yayasan Sanata Dharma, kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan serta keterbukaan dalam menyikapi berbagai gagasan kami terkait tata kelola sumber daya dan organisasi sehingga USD semakin sehat dan akuntabel,” ucap Eka. Dirinya juga mengucapkan rasa terima kasih kepada segenap Wakil Rektor dan semua pihak terkait yang telah membantunya bekerja selama periode kepemimpinannya.

Rangkaian prosesi pelantikan yakni Pengucapan Janji Jabatan dan Serah Terima Jabatan Rektor berjalan dengan lancar. Prof. Dr. R.A. Supriyono, S.U., Ak. dari Yayasan Sanata Dharma dan Rm. Prof. Dr. Emanuel Pranawa Dhatu Martasudjita, Pr. dari Senat USD menjadi saksi dalam acara ini. Ketua Pengurus Yayasan Sanata Dharma, Rm. Albertus Budi Susanto, SJ., Ph.D. resmi melantik Rm. Bagus sebagai Rektor USD untuk empat tahun ke depan.

Tak ketinggalan Rm. Bagus juga menyampaikan sambutannya sebagai Rektor USD yang baru. “Secara singkat dapat dikatakan tantangan pendidikan tinggi adalah membangun identitas yang autentik dan peran yang transformatif di tengah zaman yang terus berubah,” ujar Rm. Bagus. Dalam pandangan beliau, tiga gugus nilai yang perlu diambil sebagai tanggapan atas keadaan dan tantangan zaman sekarang ialah moto yang digunakan dalam acara pelantikan ini yaitu “Bertumbuh, Berkreasi, Peduli”. Rm. Bagus yakin akan mendapat dukungan dan kerja sama yang murah hati dari seluruh pejabat, donator, dan sahabat USD selama menjalankan tugasnya ke depan, “Secara khusus saya gembira ketika membayangkan bahwa hari-hari ke depan, saya akan ditandai oleh perjumpaan, kerja sama erat dengan segenap pejabat, dosen, tenaga kependidikan, dan para mahasiswa USD juga alumni yang tersebar di seluruh tanah air.”

(SA &  JCLA)

  kembali