USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

PMAT USD Mengadakan Workshop Online "Augmented Reality dengan Menggunakan GeoGebra"

diupdate: 4 bulan yang lalu




Program Studi Pendidikan Matematika (PMAT) Universitas Sanata Dharma (USD) pada 14-16 Desember 2021 mengadakan workshop secara daring dengan tajuk "Augmented Reality (AR) dengan Menggunakan GeoGebra". Kegiatan ini digelar dalam rangka peningkatan kemampuan penggunaan Information and Communication Technologies (ICT) dalam pembelajaran matematika, khususnya dalam Geometri Ruang dengan narasumber Teddy Suparyanto, S.Pd., M.T.I. dari Universitas Binus, Jakarta. Secara terbuka, kegiatan ini diikuti oleh dosen, mahasiswa, guru, dan alumni yang berasal dari seluruh Indonesia. Selain diikuti melalui Zoom, kegiatan ini juga disiarkan secara langsung di kanal Youtube Pendidikan Matematika USD.

Geogebra, selain gratis, juga sudah melakukan banyak perubahan dan melangkah maju terus, selain bisa untuk PC Windows, bisa juga untuk Mac, bahkan smartphone Android maupun Iphone sehingga bisa digunakan secara online dan mobile. Selain peserta dituntut bisa menggunakan AR dengan Geogebra setelah mengikuti workshop, tujuan lainnya adalah untuk menghasilkan ide-ide penelitian yang bisa dikembangkan oleh dosen dan mahasiswa dalam implementasi kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) untuk pendidikan.

Workshop yang menggunakan model flipped learning ini terbukti sangat membantu peserta yang belum paham tentang AR bahkan belum kenal semenjak akan masuk pertemuan pertama. Kolaborasi penelitian antara Universitas Binus dengan Universitas Sanata Dhama tentang kecerdasan buatan setelah workshop ini sangat diharapkan bisa terwujud.

(MDS)

  kembali