USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Penyelenggaraan Sosialisasi Sistem Mentoring Kontribusi Hibah PKKM PBI

diupdate: 2 bulan yang lalu




PBI FKIP USD baru saja menggelar kegiatan Sosialisasi Sistem Mentoring yang diikuti oleh lebih dari 40 peserta. Kegiatan yang merupakan implementasi Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka ini memberikan kontribusi bagi FKIP USD dalam pengembangan sistem mentoring pendampingan para mahasiswa PPG Prajabaran.

Sosialisasi yang dilaksanakan pada hari Jumat, 19 November 2021, diikuti oleh sejumlah kepala sekolah, guru pamong, para dosen pendamping, dan tim hibah ini memberikan peluang bagi program PPG untuk memiliki Learning Managment System (LMS) tersendiri sesuai dengan kekhasan sistem mentoring di USD. Kegiatan yang dibuka oleh Dekan FKIP, Dr. Yohanes Harsoyo, M.Si. ini makin memantapkan langkah Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dengan program PPG yang dikelolanya dalam memberikan pendampingan kepada mahasiswanya.

Dalam paparannya, ketiga narasumber yaitu Bapak Drs. T. Sarkim, M.Ed., Ph.D., Ibu Christina Kristiyani, M.Pd., Ph.D., dan Bapak Stephanus Christiono, menyampaikan penekanan yang berbeda terkait sistem mentoring ini. Bapak Sarkim memberikan arahan bahwa sistem mentoring merupakan upaya tiga komponen utama yaitu dosen pendamping dan guru pamong serta mahasiswa PPG yang dibantu untuk mengenali konteks pembelajaran secara mendalam khususnya dalam pendampingan, mendidik, melakukan evaluasi-refleksi diri untuk menentukan keputusan professional, serta mampu mengenali lingkungan belajar peserta didiknya. Ibu Christina menekankan bagaimana memenuhi kebutuhan mentoring secara maksimal melalui penyediaan kebutuhan komponen tersebut dalam LMS yang dimiliki PPIP USD. Untuk teknis penyediaan sistem mentoring sendiri, disampaikan oleh Pak Chris. Hal ini disambut baik oleh para peserta hingga pelaksanaan kegiatan sosialisasi yang dimoderatori Bapak Dr. Hongki Julie, M.Si. diburu oleh sejumlah pertanyaan tentang mekanis dan pelaksanaan mentoring nantinya. Dari aktivitas ini, buah kontribusi Hibah PKKM PBI FKIP USD dapat dikatakan berhasil  khususnya dalam mengembangkan  LMS PPG Prajabatan sebagai bentuk implementasi rancangan kegiatan hibahnya.

(RPD)

  kembali