USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Merancang Eksperimen Fisika yang Mudah dan Efektif di Era New Normal

diupdate: 2 bulan yang lalu




Program Studi Pendidikan Fisika (PFis) Universitas Sanata Dharma (USD) mengadakan webinar dengan tajuk “Merancang Eksperimen Fisika yang Mudah dan Efektif di Era New Normal,” yang diselenggarakan pada Sabtu, 13 November 2021. Webinar dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube PFis USD. Webinar ini menghadirkan Prof. Dr. Paulus Suparno, S.J., M.S.T. sebagai narsumber dan dimoderatori oleh Brighita Ratna Puspita, mahasiswa PFis USD angkatan 2020. Peserta dari webinar ini adalah dosen Pendidikan Fisika USD, mahasiswa Pendidikan Fisika USD, alumni Pendidikan Fisika USD, siswa-siswa dan guru-guru dari sekolah mitra.

“Eksperimen dalam belajar fisika dasar sungguh penting,” tegas Prof. Dr. Paulus Suparno, S.J., M.S.T. ketika mengawali materi. Hal ini didukung oleh mantan Rektor USD ini dengan memaparkan bahwa Fisika-ilmu tentang alam membutuhkan kedekatan dengan alam, maka perlu eksperimen atau studi lapangan. Pembelajaran fisika itu memuat isi, proses, dan sikap. Beberapa pengalaman sangat diperlukan seperti konstruktivisme yaitu perlu mengkonstruksi, terutama pada awal lewat indera. Tanpa pengalaman, tanpa eksperimen, maka proses belajar akan sulit, menjemukan, dan tidak menarik. Pada kondisi pandemi ini, Guru Besar di bidang Fisika ini juga menyampaikan percobaan fisika apa saja yang bisa dipraktekkan pada pembelajaran daring dan langkah-langkahnya. Misal saja seperti meniup 2 apel (materi tekanan), mengukur massa udara, Hukum Newton I Kelembaman, dan lain-lain.

Pada sesi tanya jawab, pertanyaan dan pesan kesan dari peserta dibacakan oleh moderator yang ditulis pada kolom pesan via zoom, seperti yang disampaikan Enjelita Samosir, salah satu peserta, yang sangat senang karena dari kegiatan ini pasti banyak ilmu yang bisa didapat oleh peserta memperhatikan dari awal sampai akhir acara dan yakin akan berguna untuk masa depan, yang dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan kepada moderator oleh Ketua Prodi PFis USD yaitu Dr. Ign. Edi Santosa, M.S., dilanjutkan dengan video paduan suara Primavista yang beranggotakan mahasiswa PFis USD.

(BJR & MDS)

  kembali