USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

PBI USD Mengadakan Lokakarya Pembimbingan Pembuatan Proposal S3

diupdate: 2 tahun yang lalu




Dalam rangka membantu persiapan studi lanjut S3 bagi para dosen, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Sanata Dharma (USD) mengadakan lokakarya Pembimbingan Pembuatan Proposal S3 yang merupakah bagian dari Kegiatan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM). Acara ini dilakukan pada hari Jumat, 19 November 2021 secara daring melalui Zoom dan diikuti oleh 6 dosen PBI USD yang sedang mempersiapkan studi S3. Narasumber dalam lokakarya ini adalah Bapak Joseph Ernest Mambu, Ph.D. dari Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga. Beliau mendapatkan beasiswa dari Fulbright untuk melanjutkan studi S3 di Arizona State University, Amerika Serikat tahun 2010.

Melalui workshop, Pak Joseph berbagi cerita tentang dinamika selama beliau mencoba untuk mendapatkan beasiswa, menulis proposal, dan proses pembimbingan selama S3. Beliau juga memaparkan bagaimana pemilihan topik disertasi sungguh harus memikirkan keterkaitan antara personal interest, pembimbing, dan kebaruan yang akan ditawarkan. Beliau juga menggarisbawahi satu hal penting yang harus diingat jika memutuskan akan melakukan penelitian S3 tentang suatu topik: adanya personal investment yang kuat sehingga dosen tidak akan merasa bosan dengan topik penelitian yang diambil.

Melalui kegiatan ini, para dosen diharapkan bisa terbantu dalam merencanakan studi lanjut, khususnya dalam pemilihan topik dan penyusunan proposal. Selanjutnya, proposal yang dihasilkan dapat dikirimkan ke calon universitas maupun pemberi beasiswa.

(MEH)

  kembali