USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Mahasiswa Matematika USD Raih Honorable Mention KNMIPA 2021

diupdate: 4 bulan yang lalu


Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI),  kembali menyelenggarakan Seleksi Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KNMIPA) 2021. KNMIPA yang dulunya bernama Olimpiade Nasional MIPA merupakan ajang kompetisi sains bergengsi tingkat nasional pada jenjang pendidikan tinggi. Kompetisi ini rutin diadakan setiap tahun dengan mempertandingkan 4 bidang yaitu Fisika, Kimia, Matematika, dan Biologi. Seperti tahun 2020, KNMIPA 2021 diadakan secara daring dikarenakan masih merebaknya pandemi Covid-19.

Seleksi KNMIPA 2021 dimulai dengan tiap perguruan tinggi diminta untuk menyeleksi sendiri para mahasiswanya yang akan menjadi wakil dalam seleksi tingkat wilayah yang digelar secara daring pada 23-24 Juni 2021. Jumlah peserta KNMIPA tahun 2021 sebanyak 3.838 mahasiswa dari 296 perguruan tinggi se-Indonesia. Sebanyak 1.175 mahasiswa di antaranya mengikuti kompetisi bidang Matematika. Dari tiap bidang, diambil 65 peserta yang akan mengikuti tahap final pada tanggal 27-30 Juli 2021 untuk memperebutkan 4 medali emas, 6 medali perak, 10 medali perunggu, dan 5 peraih honorable mention.

Salah satu peserta yang mewakili Universitas Sanata Dharma (USD) di bidang Matematika adalah Yudha Widianto yang merupakan mahasiswa aktif program studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) angkatan 2018. Yudha Widianto berhasil masuk tahap final karena menjadi peringkat 1 untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tingkat Lembaga Layanan Perguruan Tinggi (LLDikti) Wilayah V Yogyakarta. Di tingkat final, akhirnya Yudha Widianto meraih Honorable Mention karena menduduki peringkat 21 (terpaut 0,5 point dari peserta terakhir yang mendapat medali Perunggu). Daftar selengkapnya pemenang KNMIPA 2021 bisa dilihat di https://www.kompas.com/edu.

Hartono, Ph.D. selaku Ketua Program Studi Matematika FST USD menuturkan bahwa meskipun belum maksimal dan belum bisa menyamai prestasi kakak kelasnya di tahun 2016 yang memperoleh medali emas sekaligus menjadi peringkat 1 di tingkat nasional, prestasi Yudha Widianto tetap patut diapresiasi. Yudha Widianto telah berhasil membuktikan bahwa mahasiswa Matematika USD dapat secara kompetitif bersaing dengan  mahasiswa-mahasiswa Matematika lainnya dari PTN-PTN ternama di Indonesia. Selain itu, Yudha Widianto juga telah menunjukkan penguasaan materi di bidang Matematika secara matang, apabila masih memungkinkan Yudha bisa mencapai prestasi yang lebih tinggi di tahun mendatang dan juga akan menginspirasi adik-adik kelasnya.

(YGH)

  kembali