USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Fakultas Farmasi USD Kerja Sama Dirikan Biohybrid Sogang Harvard Sanata Dharma

diupdate: 2 bulan yang lalu


Fakultas Farmasi, Universitas Sanata Dharma (USD) menjadi bagian dari kerja sama internasional dengan Sogang University dan Harvard University dalam Sogang-Harvard-Sanata Dharma Biohybrid Center 2021-2023 yang pendiriannya dilaksanakan pada bulan Juli 2021. Biohybrid Center berpusat di Institute of Biological Interfaces, Department of ChemistrySogang University melalui pendanaan National Research Foundation, Korea. Kerja sama ini mendapatkan dukungan penuh dari Prof Kevin Kit Parker, Professor bidang Bioengineering and Applied Biophysics, Harvard University.

Kerja sama ini berfokus pada translational research di bidang Tissue Engineering yang saat ini diinisiasi oleh Prof Kwanwoo Shin, Sogang University, dengan melibatkan apt. Agustina Setiawati M.Sc., dosen Farmasi USD yang saat ini sedang menempuh studi Doktoral di institusi yang sama. Salah satu topik riset yang diangkat dalam kerja sama ini adalah extracellular matrix composite yang untuk transplantasi organ yang spesifik.

apt. Agustina Setiawati M.Sc. menuturkan bahwa melalui kerja sama ini diharapkan dapat memberikan fasilitas pertukaran peneliti yang memungkinkan Dosen Farmasi USD untuk menggunakan fasilitas riset di Biohybrid Center, Sogang University; dan sebaliknya. Dengan demikian, harapannya dapat meningkatkan kualitas output penelitian bagi Fakultas Farmasi, Universitas Sanata Dharma.

Sebelum pendirian kerja sama Biohybrid Sogang Harvard Sanata Dharma ini, USD juga telah menjalin kerja sama dengan Sogang University maupun dengan Harvard University. Kerja sama dengan Sogang University antara lain kerja sama pembukaan Program Studi Pendidikan Kimia USD pada tahun 2017. Sementara itu kerja sama dengan Harvard University yaitu empat orang dosen USD mendapat kesempatan untuk mengikuti kuliah sertifikat pendidik perguruan tinggi di The Derek Bok Center for Teaching and Learning secara daring pada tahun 2020.

(AG)

  kembali