USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

USD Berpartisipasi Dalam United Board Fellows Program

diupdate: 1 minggu yang lalu




Kepemimpinan merupakan salah satu faktor kunci dalam pengelolaan dan keberlangsungan sebuah perguruan tinggi. Kualitas kepemimpinan sebuah perguruan tinggi akan menentukan apakah lembaga tersebut dapat menjalankan misi dan visinya. Pemimpin perguruan tinggi yang visioner akan mampu membawa lembaga yang dipimpinnya tetap memiliki relevansi bagi masyarakat. Pemimpin yang bertanggung jawab akan mampu membawa lembaga yang dipimpinannya untuk berhasil melalui masa-masa sulit yang harus dilalui.

United Board merupakan salah satu lembaga swadaya yang didirikan untuk pengembangan kualitas pendidikan tinggi Kristen dan Katolik di Asia. Lembaga yang pada tahun ini berusia satu abad ini memiliki fokus program untuk pengembangan kepemimpinan lembaga pendidikan tinggi; pengembangan dosen dalam pengajaran, pembelajaran, dan penelitian; peningkatan kerjasama antar perguruan tinggi; serta program-program kebudayaan dan religiositas. Berkaitan dengan program tersebut, United Board juga memberikan beasiswa bagi dosen-dosen untuk studi program doktoral. Bagi mahasiswa, United Board menjadi salah satu penyandang dana untuk kegiatan pertukaran mahasiswa yang diselenggarakan oleh The Association of Christian Universities and College in Asia (ACUCA). United Board memiliki keyakinan perlunya pendidikan menyeluruh (whole person education) dalam lembaga pendidikan tinggi Kristen dan Katolik di Asia.

United Board Fellows Program merupakan salah satu program dalam pengembangan kepemimpinan di perguruan tinggi Kristen dan Katolik di Asia. Program ini dimulai pada tahun 2002, dilaksanakan setiap dua tahun sekali, dan dirancang untuk menjawab kebutuhan pengembangan kepemimpinan yang memiliki perhatian pada pendidikan menyeluruh. Sejak tahun 2002, sudah lebih dari 250 peserta, di lebih dari 50 perguruan tinggi di 11 negara di Asia mengikuti program tersebut.

Program yang dilaksanakan pada tahun 2021 – 2022 diikuti oleh 29 peserta dari 27 perguruan tinggi dari 8 negara di kawasan Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Asia Timur. Peserta dari Universitas Sanata Dharma (USD) adalah Bapak Sudi Mungkasi Ph.D. dari Fakultas Sains dan Teknologi dan Rm. Eko Budi Santoso, S.J., Ph.D. dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Program yang berlangsung selama satu tahun, diawali dengan sebuah program intensif selama dua pekan yang diselenggarakan pada pertengahan hingga akhir bulan Juli 2021. Rencana awal, program intensif ini akan dilaksanakan secara luring di Singapore Management University (SMU). Namun karena pandemi Covid-19 belum berakhir, United Board sebagai penyelenggara dan SMU sebagai pelaksana mengubahnya menjadi program daring penuh.

Setelah program intensif tersebut, para peserta akan melaksanakan satu hingga tiga bulan program penempatan pada lembaga-lembaga pendidikan tinggi di Asia untuk mengalami dan belajar praksis kepemimpinan di lembaga tersebut. Di akhir program, peserta diminta untuk membuat sebuah makalah tentang kepemimpinan dan dipresentasikan dalam seminar kepemimpinan pada bulan Mei 2022. Selama program berlangsung, peserta juga diminta untuk melakukan diseminasi pengetahuan dan pengalaman kepemimpinan di lembaga masing-masing. Keikutsertaan Universitas Sanata Dharma dalam program ini tentu akan meningkatkan kualitas kepemimpinan di USD dan juga memperluas jaringan kerjasama USD dengan perguruan tinggi Kristen dan Katolik di Asia.

(EBS)

  kembali