USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

KKN Mandiri USD Angkatan 62: “Bersama Kita Bersiap Memasuki Kehidupan Normal Baru”

diupdate: 3 bulan yang lalu






Pusat Kuliah Kerja Nyata (PKKN) Universitas Sanata Dharma (USD) melakukan penerjunan mahasiswa KKN Mandiri Angkatan 62 secara daring melalui aplikasi zoom dan kanal YouTube Humas USD. Beberapa perwakilan peserta turut hadir di Ruang Kadarman, Kampus II USD.

Kepala PKKN USD, Dr. Sebastianus Widanarto Prijowuntato, S.Pd., M.Si. mengawali acara dengan melaporkan kegiatan pembekalan dan penerjunan peserta KKN Mandiri. Peserta KKN telah mendapatkan pembekalan secara daring sejak bulan Maret hingga Juni 2021 sedangkan pelaksanaan KKN mulai 1 Juli hingga 31 Juli 2021. Sebanyak 4 Dosen Pendamping Lapangan (DPL) dibantu 21 Asisten Pendamping Lapangan (APL) melakukan pendampingan peserta KKN yang berjumlah 835 mahasiswa. KKN ini bertema “Bersama Kita Bersiap Memasuki Kehidupan Normal Baru” yang mengisyaratkan bahwa mahasiswa sebagai agen perubahan dapat membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan yang muncul sebagai dampak pandemi Covid-19. KKN Mandiri ini dilaksanakan dari tempat tinggal mahasiswa yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Rektor USD, Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan bahwa penerjunan KKN mandiri 62 kali ini masih dalam keadaan yang kurang baik akibat penyebaran pandemi Covid 19 yang sampai saat ini semakin meningkat. Kita harus menyadari arti KKN di mana huruf N yaitu nyata menjadi pembeda dari kegiatan-kegiatan belajar lainnya, nyata yang dimaksud adalah kita memasuki kegiatan pembelajaran untuk mengatasi persoalan-persoalan nyata yang ada di masyarakat dengan harapan kita memperoleh kesempatan untuk mengembangkan sikap dan semangat bela rasa. Meskipun KKN Mandiri ini banyak 1001 pembatasan yang harus kita jalani tetapi pada saat yang sama ada juga 1001 cara untuk berpartisipasi serta berkontribusi di masa pandemi. Melalui KKN Mandiri, semoga mahasiswa  dapat mengoptimalkan kondisi demi mengatasi pandemi ini, KKN merupakan hal yang tepat untuk tidak memikirkan diri sendiri tetapi juga memikirkan orang lain sebagai bangsa dan umat manusia.

Setelah laporan Kepala PKKN dan sambutan Rektor, acara dilanjutkan dengan penyerahan bendera sebagai simbolisasi penerjunan secara resmi peserta KKN Mandiri oleh Rektor USD yang diwakili oleh 2 mahasiswa peserta KKN.

(SENM & NZR)

  kembali