USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

USD Tergabung dalam Proyek Internasional Asean dan Eropa

diupdate: 4 bulan yang lalu




Universitas Sanata Dharma (USD) pernah tergabung dalam poyek internasional Tuning Asia-South East 2016, USD mendapatkan kesempatan baik untuk kembali terlibat pada proyek internasional tersebut di tahun 2021. Kesempatan tersebut ditandai dengan diundangnya USD yang diwakili oleh Bapak F. X. Ouda Teda Ena, M. Pd., Ed.D. dalam pertemuan awal dengan seluruh peserta proyek ini secara daring pada tanggal 9 dan 10 Maret 2021. Proyek internasional yang tahun ini bertajuk Tuning CALOHEA (Comparing Achievements of Learning Outcomes in Higher Education in ASEAN) melibatkan 31 universitas ternama di 13 negara dan 2 benua. Lima universitas dari Eropa dan 26 universitas dari Asia Tenggara, salah satunya adalah USD.

Tuning merupakan sebuah aksi yang digerakkan universitas yang dikelola oleh Tuning Academy berbasis di Universitas Deusto (Spanyol) dan Universitas Groningen (Belanda). Tuning menawarkan pendekatan universal untuk mereformasi pendidikan tinggi di tingkat lembaga pendidikan tinggi dan bidang studi. Ini sejalan dengan misi dari USD untuk mengembangkan sistem pendidikan holistik yang merupakan perpaduan keunggulan akademik dan nilai-nilai kemanusiaan melalui pendekatan yang berciri cura personalis, dialogis, pluralistik, dan transformatif.

Tuning CALOHEA adalah salah satu proyek internasional dari aksi tersebut. Proyek ini memiliki tiga tujuan yakni untuk: (a) mengembangkan Kualifikasi Khusus Subjek dan Kerangka Referensi Penilaian yang komprehensif, (b) memperkenalkan dan/atau memperkuat budaya pengukuran beban kerja siswa sebagai bagian integral dari perancangan kurikulum, dan (c) mempromosikan penerapan penilaian otentik dari hasil belajar. Seluruh lembaga yang tergabung dalam proyek ini bekerjasama untuk mendorong kemajuan institusional dalam operasi manajemen dan internasionalisasi pendidikan tinggi di wilayah tersebut.

Proyek yang berlangsung dari 15 Januari 2021 hingga 14 Januari 2024 ini secara finansial didukung oleh Komisi Eropa, dikoordinasikan oleh The University of Groningen dan diko-koordinasikan oleh ASEAN University Network. Proyek ini difokuskan pada reformasi kurikuler di tiga bidang studi yakni, Pendidikan Guru, Kedokteran, dan Teknik Sipil. USD masuk ke dalam kelompok bidang studi Pendidikan Guru dengan melibatkan 6 dosen. Tiga dosen pernah terlibat dalam proyek Tuning di tahun 2016, yakni F. X. Ouda Teda Ena, M.Pd., Ed.D. dari Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris; P. Kuswandono, Ph.D. dari Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris; dan F. X. Mukarto, Ph.D. dari Prodi Kajian Bahasa Inggris. Tiga dosen yang lain adalah anggota baru dalam kelompok, yaitu V. Triprihatmini, M.Hum., M.A.; C. Tutyandari, Ph.D.; dan C. Kristiyani, M.Pd., Ph.D. dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Para dosen percaya bahwa dengan terlibat dalam proyek internasional ini, mereka bisa memberikan kontribusi bagi Universitas untuk mengembangkan dan merevitalisasi sistem pendidikan yang ada.

(AAS)

  kembali