USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Webinar FE USD:
“Pengelolaan Generasi Z Dalam Dunia Kerja”

diupdate: 2 bulan yang lalu




Jumat (19/2) Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma (USD) mengadakan acara webinar dengan tajuk “Pengelolaan Generasi Z Dalam Dunia Kerja”. Webinar ini diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom dari  Ruang Kadarman, Gedung Pusat Kampus 2 USD dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube Humas USD. Webinar ini mengusung tema dari salah satu Universal Apostolic Preferences of the Society of Jesus, 2019-2029 yaitu: menemani kaum muda menciptakan masa depan yang penuh harapan. Kaum muda yang mengikuti webinar ini tidak hanya warga USD, namun ada pula dari luar USD.

Acara webinar diawali dengan doa pembuka, dilanjutkan dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Ekonomi USD, Tiberius Handono Eko Prabowo, Ph.D. yang menuturkan setidaknya ada empat tahap revolusi industri, yang ditandai dengan titik balik besar dari sejarah dunia, mulai dari industri 1,2,3, dan saat ini masuk pada ke-4 abad 21 yaitu adanya internet, layanan 5G, bigdata sampai computer quantum.

Setelah sambutan Dekan, acara dilanjutkan pada inti webinar, dipandu oleh Januari Ayu Fridayani, M.M selaku Dosen Fakultas Ekonomi USD. Webinar terdiri dari 2 sesi, pembicara pada sesi yang pertama adalah Bapak Irvandi Ferizal yang menjabat sebagai Human Capital Director PT. Maybank Indonesia dan Ketua Indonesia Banking HR Forum. Bapak Irvandi Ferizal yang dalam webinar ini selaku perwakilan dari dunia kerja Business Enterprise memaparkan tentang perbedaan yang dimiliki tiap generasi dan menjelaskan beberapa poin mengenai kunci sukses generasi Z untuk terjun di dunia kerja. Salah satu poinnya yaitu menjadi generasi yang gesit yang menyadari keinginan diri sendiri, perlu adanya pengertian di antara generasi, dan diperlukan keseimbangan dalam bersosial baik dalam virtual maupun secara langsung. Selain itu, Bapak Irvandi Ferizal juga menjelaskan mengenai kegagalan pada generasi Z adalah tidak berusaha mencoba dan tidak melihat peluang.

Pembicara pada sesi kedua adalah Romo Fredy Rante Taruk, Pr yang menjabat sebagai Direktur Eksekutif Caritas Indonesia (KARINA KWI) dan juga Pemimpin Credit Union (CU) Sauan Sibarrung. Romo Fredy Rante Taruk, Pr yang dalam webinar ini selaku perwakilan dari dunia kerja Social Enterprise mengupas mengenai pengelolaan generasi Z dalam dunia kerja. Generasi Z menjadi pemilik dan penentu masa depan yang penuh harapan. Adanya digitalisasi memberikan tantangan kepada generasi muda untuk menolong orang-orang agar bergerak menggunakan teknologi. Karakteristik generasi Z merupakan individu yang dinamis menyukai tantangan. “Terlihat pada koperasi (Credit Union) ini siap memberikan berbagai inovasi dan dapat berkembang maju karena lebih mengandalkan generasi Z di dalamnya”, tutur Romo Fredy Rante Taruk, Pr.

(KTI & ERDW)

  kembali