USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Guru Besar Bidang Ilmu Teologia USD: Prof. Dr. Emanuel Pranawa Dhatu Martasudjita, Pr.

diupdate: 6 bulan yang lalu




Kamis (11/2) di Ruang Seminar Auditorium Driyarkara Universitas Sanata Dharma (USD) dilaksanakan acara penyerahan Surat Keputusan (SK) pengangkatan guru besar salah satu dosen Fakultas Teologi Prof. Dr. Emanuel Pranawa Dhatu Martasudjita, Pr. Acara dihadiri  oleh Ketua Yayasan Sanata Dharma, Rektor USD beserta jajarannya, serta Kepala LLDikti Wilayah V beserta jajarannya. Acara ini juga diadakan secara daring melalui aplikasi Zoom dan disiarkan secara langsung di kanal YouTube Humas USD.

Pembacaan SK dilakukan oleh Taufiqurrahman, S.E. selaku Kepala Bagian Tata Usaha LL Dikti Wilayah V, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan SK. Penyerahan SK dilakukan oleh Prof. Dr. Didi Achjari, S.E., M.Com., Akt. selaku Kepala LL Dikti Wilayah V kepada Prof. Dr. Emanuel Pranawa Dhatu Martasudjita, Pr. yang didampingi oleh Rektor USD, Drs. Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D.

Setelah penyerahan SK, acara dilanjutkan dengan sambutan. Prof. Dr. Emanuel Pranawa Dhatu Martasudjita, Pr. Profesor yang sering disapa Romo Marta ini dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya adalah orang yang beruntung karena adanya belas kasih Tuhan melalui berbagai orang yang terlibat dalam proses mendapatkan gelar guru besar. Romo Marta juga mengatakan bahwa dirinya memiliki tugas baru untuk lebih mampu mendekatkan ilmu teologi dengan rakyat agar tidak selalu dipandang ilmu dengan bahasa ‘dewa’ atau ilmu yang mudah diterima rakyat agar nantinya mampu memperjuangkan martabat manusia sebagai bentuk kemuliaan Allah yang sejalan dengan visi USD. Sambutan kemudian dilanjutkan oleh Rektor USD dan juga Kepala LL Dikti Wilayah V yang sama-sama turut bersyukur dan bergembira dengan penerimaan gelar guru besar untuk Profesor baru bidang ilmu Teologia. Rektor USD mengucapkan selamat dan turut bangga kepada Romo Marta. Rektor juga berharap Romo Marta sebagai profesor memperkuat peran Fakultas Teologi dalam membantu masyarakat membentuk wacana teologis yang membumi sehingga berdampak dalam keputusan tindakan politis sosial yang mempengaruhi hidup banyak orang.

(BGP & YBA)

  kembali