USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Webinar dan Peluncuran Buku “Mendidik Generasi Milenial Cerdas Berkarakter”

diupdate: 2 bulan yang lalu



Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sanata Dharma (USD) bersama dengan PT. Kanisius menyelenggarakan Webinar dan Peluncuran Buku yang berjudul “Mendidik Generasi Milenial Cerdas Berkarakter” pada Sabtu (7/11). Webinar dan Peluncuran Buku ini diadakan secara daring melalui aplikasi Zoom dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Humas USD dan kanal YouTube PT Kanisius.

Wakil Rektor I USD, Rohandi, Ph.D. mewakili penulis buku menyampaikan bahwa setiap hal yang ditulis dalam buku ini dipersembahkan untuk Prof. Dr. Paulus Suparno, S.J., MST. Profesor yang akrab disapa Romo Paul ini akan memasuki masa purna tugas. “Semoga hal ini menjadi penambah semangat Romo Paul untuk terus berkarya melahirkan gagasan-gagasan baru dan dapat mengembangkannya demi kemajuan dunia pendidikan.” tutur Pak Rohandi saat menyerahkan buku kepada Romo Paul. Kemudian dalam kesempatan ini, Romo Paul juga mempersembahkan buku karyanya sendiri yang berjudul “Guru Sains Indonesia pada Zaman Modern”.

Rektor USD Drs. Johanes Eka Priyatma, Ph.D saat memberi sambutan untuk membuka acara menyampaikan syukur bahwa buku yang diluncurkan ini dapat menjadi bagian untuk mendidik generasi milenial agar menjadi generasi yang cerdas dan berkarakter. Beliau juga menyampaikan bahwa di era pandemi kita semua harus menghidupi dunia pendidikan. “Buku ini mengajak kita semua untuk memanfaatkan era pandemi untuk mendekonstruksi, merekonstruksi dan merefleksikan pendidikan dalam batin kita dalam mendidik.” tambahnya.

Webinar dan Peluncuran Buku tersebut menghadirkan tiga pembicara yaitu: Dr. C.B Mulyatno, Pr yang merupakan Dosen Fakultas Teologi USD; Rohandi, Ph.D yang merupakan Wakil Rektor I USD; dan Dr. B. Widharyanto, M.Pd yang merupakan Dosen Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia USD. Ketiga pembicara merupakan perwakilan dari 16 penulis dari buku yang diluncurkan. Acara ini dimoderatori oleh Drs. Tarsisius Sarkim, M.Ed., Ph.D. yang merupakan Dosen Program Studi Pendidikan Kimia USD. Para penulis buku merancang buku tersebut menjadi empat bagian yaitu: Pendidikan Generasi Milenial, Pembelajaran yang Mencerdaskan, Pendidikan Karakter, dan Guru. Webinar diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab oleh para peserta dan pembicara.

(DBS & MHH)

  kembali