USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Change Management dalam Konteks Pasca Pandemi dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

diupdate: 2 bulan yang lalu





Jumat (6/11) Universitas Sanata Dharma (USD) menyelenggarakan Hari Studi Pejabat USD 2020 dengan tema “Change Management dalam Konteks Pasca Pandemi dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka”. Acara yang diperuntukkan bagi para pejabat di lingkungan USD ini diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom dan secara luring dari Ruang Kadarman Kampus 2 USD.

Kegiatan tersebut menghadirkan pembicara Drs. Ignasius Jonan, M.A yang merupakan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia dalam masa jabatan tahun 2016-2019, Menteri Perhubungan Indonesia dalam masa jabatan tahun 2014-2016, dan Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia (PT. KAI) masa jabatan tahun 2009-2014. Salah satu prestasi yang dimiliki Bapak Jonan yaitu membuat PT. KAI yang sebelumnya banyak ditinggalkan masyarakat menjadi transportasi nomor satu antar kota di Indonesia. Kegiatan ini dimoderatori oleh Eko Budi Santoso, S.J., S.Pd., Ph.D. selaku Sekretaris Pelaksana Mission and Identity USD. Acara dibuka dengan sambutan  Rektor USD Drs. Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D dan kemudian dilanjutkan pemaparan materi oleh pembicara.

Selama sesi pemaparan materi, Bapak Jonan banyak menjelaskan mengenai pengalamannya selama menjabat sebagai Menteri serta Direktur Utama PT. KAI. Bapak Jonan juga banyak menjelaskan jika ingin melakukan perubahan, ada baiknya melihat apa yang akan terjadi di masa yang akan datang dengan perubahan tersebut, apakah perubahan tersebut baik untuk ke depannya. Beliau juga mengajak semua peserta seminar untuk mengkomunikasikan permasalahan yang ada di antara para staf dan atasan, agar menemukan solusi yang tepat. Di akhir seminar, dibuka sesi tanya jawab dan diskusi kepada peserta seminar, kemudian ditutup dengan pemutaran video mengenai produksi energi dari matahari selama 20 tahun terakhir di berbagai negara.

(DBS & GN)

  kembali