USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Dosen Informatika USD Adakan Workshop Pembuatan Materi Ajar Digital di SDN Sawah Gunungkidul

diupdate: 4 tahun yang lalu




Salah satu masalah yang dialami oleh para siswa di SDN Sawah Panggang  Gunungkidul adalah sulitnya berkomunikasi secara langsung dengan siswa dikarenakan masa pandemi Covid-19.  Para Guru hanya dapat berkomunikasi, mengirimkan tugas, menjelaskan materi pelajaran menggunakan media WA saja.  Materi pelajaran yang disampaikanpun terkadang tidak dapat dipahami dengan mudah oleh siswa. Sehingga membutuhkan pendampingan dari orang tua ataupun orang lain dalam memahami materi pelajaran. Berangkat dari keprihatinan tersebut, tim dosen dari Program Studi Informatika Universitas Sanata Dharma (USD) mengadakan workshop untuk memberikan tambahan keterampilan dan pengetahuan kepada para guru di SDN Sawah.

Kegiatan workshop yang dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2020 tersebut berlangsung selama satu hari.  Adapun materi workshop yang diberikan berupa cara atau teknik membuat materi pembelajaran digital berupa video dengan memanfaatkan materi berbentuk power point yang ada.  Para guru juga dikenalkan dengan perangkat lunak untuk pembuatan video secara gratis dan memampatkan ukuran video secara gratis dan mudah baik lewat desktop maupun telepon genggam berbasis android.  Pada sesi berikutnya, para guru juga dilatih membuat email secara gratis. Sedangkan pada sesi terakhir para guru dilatih untuk mengunggah video ke youtube.

Para guru juga mempraktekkan langsung menggunakan laptop yang dimiliki dan didampingi oleh tim dosen sebagai fasilitator yaitu: JB Budi Darmawan, Romo Kuntoro , Vittalis Ayu, serta Eko Hari Parmadi. “Lewat video ini murid bisa melihat pak Guru dan mendengarkan materi yang dijelaskan pak Guru” demikian pendapat Bapak Ngatijo salah seorang Guru senior di SDN Sawah. Video hasil kegiatan workshop ini juga dipresentasikan di hadapan para Guru SDN Sawah.  Dari hasil wawancara dengan para Guru, mereka sangat terbantu dengan adanya workshop ini.

Kegiatan workshop tersebut terbagi menjadi 3 tahapan. Tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2020. Tahap kedua akan dilaksanakan pada 3 November 2020  dengan workshop pembelajaran daring berbasis video conference, mengenalkan berbagai platform video conference. Tahap 3 akan dilaksanakan pada tanggal 10 November 2020 dengan materi berupa kolaborasi aplikasi perkantoran (pengolah kata, spreadsheet, form, email maupun file) guna mengoptimalkan pengelolaan pembelajaran daring. Rangkaian kegiatan workshop ini didanai sepenuhnya oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Sanata Dharma melalui hibah Pengabdian Kepada Masyarakat Program Unggulan (PKMPU).

(ehp)

  kembali