USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Algebra Joint Seminar 2020: “Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19”

diupdate: 4 minggu yang lalu




Algebra Joint Seminar 2020 adalah webinar Aljabar yang diselenggarakan secara berkala  oleh IndoMS DIY-JATENG dalam naungan Himpunan Matematika Indonesia dan bekerja sama dengan Universitas Sanata Dharma, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, dan Universitas Islam Negeri Walisongo. Kali ini yang berkesempatan menjadi tuan rumah adalah Universitas Sanata Dharma khususnya program studi Pendidikan Matematika dengan pembicara adalah Rangga Ganzar Noegraha, Ph.D. dari Universitas Pertamina Jakarta dengan materi "Sebuah Deskripsi Pushout di Kategori S-Semimodul" dan Dr. Marcellinus Andy Rudhito, S.Pd. dari Universitas Sanata Dharma Yogyakarta dengan materi "Pemodelan dan Analisis Gerak Robot Berkaki Empat dan Enam dengan Dua Motor Menggunakan Aljabar Max-Plus".

Kegiatan ini berlangsung pada Selasa, 25 Agustus 2020  dengan menggunakan platform Zoom untuk bertemu secara virtual sesuai tema "PENYESUAIAN KEBIJAKAN DI MASA PANDEMI COVID-19" dan ditayangkan secara live di kanal YouTube Pendidikan Matematika USD. Pembicara pertama, Bapak Rangga Ganzar, deskripsi Pushout di kategori R-modul dibuktikan melalui kontruksi. Presentasi yang disampaikan pada kesempatan ini memperlihatkan suatu deskripsi dari pushout di kategori S-semimodul yang cukup untuk membuktikan bahwa sifat e-proyektif semimodul P bisa dipindahkan.

Pembicara kedua, Bapak Andy Rudhito, mengajak 4 mahasiswa Magister Pendidikan Matematika USD untuk menyusun materi yang disampaikan. Pemaparan yang disampaikan adalah tentang (1) kontruksi mekanik robot Lego Mindstorms EV-3, (2) pemodelan gerak, dan (3) analisis robot berkaki empat dan enam dengan dua motor menggunakan Aljabar Max-Plus.

Peserta melalui Zoom maupun  Live Chat YouTube sangat interaktif dalam menanggapi serta ikut dalam tanya-jawab. Selain mendapatkan pendalaman ilmu dan pengetahuan baru, peserta juga merasa puas dengan model webinar yang bisa berjalan lancar tanpa tatap muka ini.

(mds)

  kembali