USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Penyerahan SK oleh LLDIKTI ke USD:
Guru Besar dan Izin Pembukaan Program Studi Profesi Insinyur

diupdate: 3 minggu yang lalu



Rabu (22/7) di Ruang Seminar Driyarkara Universitas Sanata Dharma (USD) dilaksanakan acara penyerahan Surat Keputusan (SK) pengangkatan guru besar dan penyerahan surat izin pembukaan Program Studi Profesi Insinyur Program Profesi, acara ini disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Humas USD. SK dibacakan oleh Lembaga Layanan Perguruan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V, Kepala bagian Sub Sumber Daya Ibu Fatimah SIP, MM. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan dua SK yaitu No.0064/MPK/KP/2020 tentang kenaikan jabatan akademik dosen USD menjadi profesor dalam bidang Ilmu Sastra yaitu Prof. Novita Dewi, M.S., M.A. (Hons.), Ph.D. dan profesor dalam bidang Ilmu Analisis Farmasi dan Kimia Medisina yaitu Prof. Enade Perdana Istyastono, Ph.D.,Apt. Setelah pembacaan SK, acara selanjutnya adalah penyerahan SK izin Pembukaan program studi Profesi Insinyur Program Profesi oleh Kepala LLDIKTI kepada Rektor USD.

Dalam sambutannya Profesor Novita dengan rasa haru mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan yang mahaesa dan rasa terimakasih sebesar-besarnya kepada para guru besar dan semua pihak yang membantunya dalam memperoleh kenaikan jabatan sebagai profesor. Sejak 25 Juli 2016 Profesor Novita mengirimkan berkas usulan kenaikan jabatan akademik ke Kopertis Wilayah V yang penuh dinamika perjuangan sehingga pada akhirnya disetujui dan diangkat menjadi guru besar dalam bidang sastra. Dalam sambutannya Profesor Enade juga menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan dan semua pihak yang membantu serta terlibat yang membantunya dalam memperoleh kenaikan jabatan sebagai profesor. Profesor Enade menyampaikan pesan dari dua guru besar saat audiensi di Jakarta kepadanya untuk mendampingi kolega-kolega dosen terutama dosen muda untuk mempersiapkan diri dalam  menjadi guru besar.

Rektor USD Drs. Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D. dalam sambutannya mengucapkan selamat dan turut bangga kepada Proresor Novita dan Profesor Enade yang menjadi contoh sebagai akademisi di USD. Pak Eka berharap akan ada relevansi dan kontribusi dari kedua profesor baru di bidang Sastra dan bidang Ilmu Analisis Farmasi dan Kimia Medisina. Rektor USD berharap kepada Profesor Enade dengan bidang ilmu yang dimilikinya mampu membantu bangsa, negara, dan masyarakat dunia mengatasi Covid 19. Kepada Profesor Novita, Rektor USD berharap dalam bidang sastra mengembangkan berbagai macam wacana, mendobrak kebekuan masyarakat, membangun imajinasi baru, mempertanyakan segala kemapanan sehingga peradaban menjadi maju dan berkembang. Sambutan yang terakhir dari Kepala LL DIKTI Wilayah V Prof. Dr. Didi Achjari, S.E., M.Com., Akt. menyampaikan kepada para dosen terutama akademisi USD agar terus berusaha dan pantang menyerah untuk optimis menyiapkan diri sebagai guru besar. Sebagai penutup acara, dilakukan ramah tamah untuk para undangan yang hadir secara luring tetap dengan ketat sesuai protokol kesehatan.

(MHH & BGP)

  kembali